Digitalisasi Dorong Kaum Muda Minati Investasi

- Senin, 3 Oktober 2022 | 20:16 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif Untuk UMKM Naik Kelas. (Biro KLIP Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif Untuk UMKM Naik Kelas. (Biro KLIP Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Meningkatnya jumlah investor muda di Indonesia, dinilai sebagai blessing in disguise. Khususnya akibat kencangnya digitalisasi pada masa pandemi.

"Pilihan investasi juga semakin banyak, karena didorong oleh digitalisasi di sektor jasa keuangan," kata ekonom INDEF Nailul Huda, Senin (3/10).

Namun Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan, generasi muda harus lebih berhati-hati. Terutama dalam memilih instrumen investasi tersebut.

"Generasi muda hendaknya tetap menyeimbangkan antara investasi yang agresif dan investasi konservatif," ujar Airlangga.

Hal itu penting, karena investasi konservatif tetap memiliki faktor keamanan lebih tinggi. Dunia memang tengah bergerak lebih dalam ke arah digitalisasi.

"Hampir seluruh negara - termasuk Indonesia - menggunakan digitalisasi sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi. Selain itu, menggunakan digitalisasi sebagai tempat untuk penciptaan lapangan pekerjaan," tandasnya.

Penyelamat
Sehingga dalam masa pandemi seperti ini, digitalisasi menjadi salah satu penyelamat konsumsi masyarakat. Sedangkan Nailul mengatakan, banyak anak muda yang berinvestasi di masa pandemi.

"Baik di pasar saham dan aset kripto. Kemudahan berinvestasi menjadi salah satu alasan mereka untuk berinvestasi," paparnya.

Namun memang pemilihan jenis investasi akan sangat mempengaruhi kemakmuran investornya. Hanya saja perlu berhati-hati.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Inflasi Melandai, Momentum Bagus Jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:46 WIB

Q3-2022, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71,04 Persen

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:56 WIB

Ketahanan Ekonomi Indonesia Bisa Tarik Investor

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:27 WIB

Masyarakat Antusias Belanja di Pertamina SMEXPO 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:27 WIB

TECH Optimis Menyambut Tahun 2023

Rabu, 30 November 2022 | 14:56 WIB
X