CAP Jabar, Ikhtiar Jabar Demi Ekonomi Kreatif Berkibar

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:07 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Pemprov merilis program Curated Amazing Product (CAP) Jabar sebagai upaya mengakselerasi produk-produk ekonomi kreatifnya supaya bisa makin moncer dan menembus pasar global.

Menurut Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, untuk tahap pertama, pihaknya akan memilih 500 produk terbaik dari sejumlah bidang ekonomi kreatif mulai dari desain hingga kuliner.

"Kita akan klasifikasikan produk-produk terbaik berkelas dunia, produk yang dikurasi, bisa percaya diri menjadi kebanggaan," katanya saat memperkenalkan CAP Jabar & Pasar Senja (Seni Jajanan) di Bandung, Selasa (4/10/2022).

Menurut dia, metode itu dinilai tepat guna mengoptimalkan potensi ekonomi krearif Jabar yang mengambil porsi 20 persen nasional. Emil menyakini langkah tersebut bakal memunculkan kompetisi sekaligus inovasi.

Baca Juga: Gekrafs dan Kemenparekraf Sepakat Bentuk Komite Bersama Hari Ekonomi Kreatif Nasional

Dia tak menampik kebanyakan dari pelaku ekonomi kreatif merupakan UMKM. Hanya saja, diingatkan bahwa di antara mereka mempunyai keunggulan sehingga dinilai siap menjawab tantangan tersebut.

Meski demkian, Emil menjamin bahwa pelaku ekonomi kreatif lainnya tak akan ditinggalkan. "Bagi yang belum dianggap terbaik, bakal kita latih biar naik kelas. Karena ini kan 90 persen ekonomi UMKM karenanya kita maksimalkan produk dalam negeri ini, " katanya.

Kadisbudpar Jabar, Benny Bachtiar menambahkan bahwa program tersebut merupakan upaya menggali potensi ekonomi kreatif yang melimpah di wilayahnya. Untuk itu, diperlukan penajaman yang tengah dalam proses tersebut.

Baca Juga: Suaramerdeka.com Raih Rekor MURI, Kukrit SW: Motivasi Lebih Kreatif dan Inovatif di Platform Digital

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Terkini

Inflasi Melandai, Momentum Bagus Jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:46 WIB

Q3-2022, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71,04 Persen

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:56 WIB

Ketahanan Ekonomi Indonesia Bisa Tarik Investor

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:27 WIB

Masyarakat Antusias Belanja di Pertamina SMEXPO 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:27 WIB

TECH Optimis Menyambut Tahun 2023

Rabu, 30 November 2022 | 14:56 WIB
X