Bakal Resesi, Ridwan Kamil Minta Karpet Merah Bagi Investor Tak Terpengaruh Politik

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:50 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

 

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mewanti-wanti bupati dan walikota di wilayahnya untuk benar-benar menjaga momentum terhadap kehadiran investor terutama dalam menghadapi resesi tahun depan.

Hanya saja, dia berharap momentum itu tak dikaitkan dengan persoalan politik. "Kepada walikota dan bupati, tolong tahun depan ekonomi akan susah, (buka) karpet merah seluas-luasnya untuk investor," katanya didampingi Kepala BI Jabar, Herawanto usai membuka West Java Investor Summit (WJIS) 2022 di Bandung, Rabu (5/10/2022).

Bukan tanpa alasan Emil menyatakan hal tersebut. Pasalnya, persoalan karpet saja kerap diartikan lain. Dia mencontohkan Kabupaten Bandung yang malah mengganti warga karpet tersebut menjadi hijau. Baginya, ini berpotensi menimbulkan anggapan macam-macam. Padahal hal seperti ini mesti dihindari.

"Di Kabupaten Bandung, karpet merah berubah jadi hijau sesuai warna politiknya. Saya sudah ingatkan karpet merah itu tak ada simbol politik, itu tanda karpet istimewa, itu tetap karpet merah," jelasnya.

Baca Juga: Digitalisasi Dorong Kaum Muda Minati Investasi

Emil sendiri optimis tantangan resesi tersebut bisa dilalui. Pondasi ekonomi Jabar dinilai cukup kuat. Dalam lima tahun terakhir, ingatnya, Jabar selalu menduduki rangking pertama dalam urusan menarik investasi dari luar.

Hingga pertengahan 2022, mereka bahkan melampaui target dengan realisasi mencapai Rp 83,7 triliun. Kondisi ini makin menunjukan bahwa Jabar mempunyai daya tarik kuat.

"Akan lambat memang, tapi saya sangat berharap ekonomi Jabar tetap terjaga, Jabar punya kekuatan ekonomi termasuk bagaimana membuat investor happy dan tetap masuk," jelasnya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT DEP Gelar National Convention Ke-4.

Senin, 5 Desember 2022 | 10:27 WIB
X