MenKopUKM: Garut Harus Mampu Ciptakan Jagoan Wirausaha

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 21:48 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan, Garut harus mampu menciptakan para jawara atau jagoan wirausaha di tengah kemudahan berusaha pada saat ini yang didukung berbagai platform digital baik e-commerce ataupun sosial media.

"Orang Garut itu punya mitos jadi daerah tempatnya para jawara atau jagoan. Sekarang kita harus ubah ini karena kita harus menghadirkan entrepreneur baru. Jadi mari kita ciptakan jawara atau jagoan wirausaha," ucap MenkopUKM Teten Masduki dalam acara Young Entrepreneur Wanted di Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, Jawa Barat, Sabtu (8/10).

Lebih lanjut, Menteri Teten menambahkan saat ini, merek lokal sangat diminati oleh masyarakat. Hal ini dapat menjadi momentum yang tepat bagi generasi muda untuk beralih menjadi pebisnis.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Bridge Asia, Indonesia Optimistis Bisa Raih Dua Emas

Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, perguruan tinggi sebagai tempat bernaungnya generasi muda untuk menuntut ilmu dapat sekaligus mengoptimalkan peran untuk menjadi inkubator bisnis bagi para mahasiswa.

"Inkubator bisnis di perguruan tinggi harus diperbaiki, dampingi mahasiswanya. Jangan bikin produk yang sudah ada. Tapi kembangkan potensi lokal. Misalnya Garut bisa mengembangkan bisnis tukang cukur. Belum ada jasa layanan antar tukang cukur kan. Ini bisa dikembangkan," kata Menteri Teten.

Menteri Teten optimistis, IPI Garut dapat mengambil peran dalam menciptakan UMKM masa depan yang dapat menguasai ekonomi digital bahkan hingga level global.

Baca Juga: DPD RI Keluarkan 9 Rekomendasi Kasus BLBI

Di tempat yang sama, Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono mengatakan untuk menjadi pebisnis, passion menjadi hal yang sangat penting.

Menurutnya, dengan memiliki sesuatu hal yang diminati, produk yang akan dihasilkan akan diciptakan tanpa ada beban dan rasa cinta pada produk sendiri akan secara otomatis terbentuk.

"Kalau mau bisnis harus punya passion. Harus senang dengan sesuatu hal yang memang kalian minati. Kita kalau mau berusaha harus cinta produk kita. Sehingga kerja sampai jam berapa pun enggak berasa capek," ucap Poppy.

Baca Juga: Para Pustakawan Utama Paparkan Pemikirannya dalam Orasi Ilmiah

Baca Juga: Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akan tampil pada Pameran Buku Frankfurt 2022

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:48 WIB

Resmi, Pemerintah Mulai Membahas RUU Perkoperasian

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:52 WIB

Raden Aziz, Muda dan Berbahaya

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:42 WIB
X