Dana Bergulir Ciptakan Iklim Usaha Kondusif Bagi KSPPS BMT Mitra Muamalah MitraMU

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:38 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Program pemberdayaan dan pendampingan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (KUMKM) secara masif terus dilakukan pemerintah sebagai upaya meningkatkan perekonomian nasional.

Berbagai program pemberdayaan dilaksanakan guna membuka akses KUMKM terhadap sumber-sumber pembiayaan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, peningkatan kemampuan teknologi dan pengembangan usaha, serta memperluas jaringan pemasaran. 

Mayoritas program pemberdayaan KUMKM yang dilaksanakan Kementerian atau Lembaga (K/L) berfokus pada pembiayaan KUMKM.

Baca Juga: Kasus Fraud di Era Digital Semakin Marak dan Merugikan Banyak Pihak

Pelaku-pelaku KUMKM menggunakan usahanya untuk menambah pendapatan dan bertahan hidup. Kendati jumlah pelaku UMKM tersebut masih sangat minim, mereka memiliki visi dan misi yang jelas dalam mengembangkan usaha agar naik kelas. 

Demikian halnya yang diamanahkan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) selaku satuan kerja Kementerian Koperasi dan UKM dalam menyalurkan pinjaman/pembiayaan, serta melakukan pembinaan terhadap mitra dan calon mitra LPDB-KUMKM.

Salah satu mitra LPDB-KUMKM yang mendapatkan dana bergulir adalah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Mitra Muamalah MitraMu di Kabupaten Jepara Jawa Tengah.

Baca Juga: Binus School Simprug Dorong Siswa Bereksplorasi dalam Bidang Ilmu di Minati

Koperasi yang memiliki satu kantor pusat, 7 (tujuh) kantor cabang, dan 3 (tiga) kantor kas ini telah tiga kali mendapatkan pembiayaan dari LPDB-KUMKM.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:48 WIB

Resmi, Pemerintah Mulai Membahas RUU Perkoperasian

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:52 WIB

Raden Aziz, Muda dan Berbahaya

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:42 WIB
X