Tiga Tahun Kepemimpinan Jokowi, Ekonomi Indonesia Tetap Tangguh

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 13:45 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo, diterpa banyak ujian. Mulai dari pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 hingga guncangan ekonomi akibat eskalasi ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Namun, Presiden Jokowi berhasil melewati badai cobaan tersebut. Sehingga ekonomi Indonesia terus mengalami tren positif, di saat negara-negara lain mengalami krisis.

"Kondisi Indonesia masih cukup baik dan diyakini mampu bertahan menghadapi resesi global," kata Direktur Eksekutif Segara Institut Piter Abdullah, Jumat (21/10).

Menurutnya, kondisi Indonesia berbeda dengan negara-negara yang terlalu bertumpu kepada ekspor. Ekonomi Indonesia lebih bertumpu kepada konsumsi domestik.

"Yang diperkirakan akan membaik seiring meredanya pandemi. Selain itu, ekonomi Indonesia akan terbantu dengan tingginya harga komoditi," ujarnya.

Meskipun resesi global akan menahan atau bahkan menurunkan harga komoditi, tetapi tidak membuat harga komoditi jatuh. Dimana hal itu hanya membuat pertumbuhan ekonomi melambat.

Target
Sehingga, pelambatan itu tidak bisa mencapai target di atas 5 persen. Dan itu skenario buruknya. Namun skenario terbaiknya, Indonesia masih bisa tumbuh di atas 5 persen

Ekonomi Indonesia juga tetap tangguh dibanding negara lain. Ini seperti keterangan dari Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva, yang mengatakan bahwa Indonesia adalah titik terang di tengah-tengah kesuraman ekonomi dunia.

"Apa yang disampaikan pemerintah dan juga IMF bahwa perekonomian Indonesia akan menjadi salah satu yang mampu tumbuh positif, bukan sebuah bualan," tandas Piter.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Industri Event Miliki Potensi yang Sangat Besar

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:45 WIB
X