4 Strategi Pemasaran Melalui Facebook yang Perlu Kita Ketahui

- Senin, 24 Oktober 2022 | 00:01 WIB
Istimewa
Istimewa

JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah melakukan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang.

Dalam perjalanannya, Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 yang lalu, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital.

Menurut laporan HootSuite dan We Are Social, pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 204,7 juta jiwa pada awal tahun 2022, atau meningkat 2,1 juta dibandingkan awal tahun sebelumnya.

Baca Juga: Diadukan ke Satgas Anti Mafia Tanah, Perkara Apa?

Pertumbuhan massif ini membuka ruang untuk meningkatnya penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi serta internet, misalnya pencurian data, peretasan, penyebaran hoaks dan sebagainya.

Atas dasar tersebut, literasi digital sangatlah diperlukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat Indonesia melalui beragam kegiatan edukasi tentang kecakapan literasi digital

Pada 2021, Kementerian Kominfo bersama Kata Data menggelar survei nasional dan hasilnya menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level Sedang dengan skor 3.49.

Baca Juga: Heboh Warganet Nikita Mirzani Kasih Hadiah 100 Juta Buat Bunda Corla Yang Tembus 350 Ribu Viewers

Hal ini merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3,46.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SimInvest Luncurkan Fitur Baru: Investasi Reksa Dana!

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:20 WIB

Ada Gaduh Perang Galon di Balik Isu BPA

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:39 WIB
X