Kementan Gencarkan Pertumbuhan Champion Petani Milenial Lewat Akses Tani Akur

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 13:26 WIB

MAKASSAR,suaramerdeka-jakarta.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) agar menggencarkan pertumbuhan champion (jagoan) petani milenial lewat akses Tani Akur.

Syahrul berharap, keberadaan KUR ini bisa menjadi solusi bagi para pelaku usaha pertanian yang mengalami keterbatasan modal.


"Untuk itu, melalui program strategi Tani Akur, Kementan menjadikan KUR sebagai salah satu sumber pembiayaan yang dapat mempermudah akses petani milenial terhadap pembiayaan dari perbankan penyalur KUR dan akan berdampak pada meningkatnya produktivitas sektor pertanian nasional," demikian disampaikan Syahrul.

Baca Juga: Amerta Datang, Chevron Menjelang.


Menindaklanjuti program ini, diselenggarakan rapat koordinasi bersama para Kepala Unit Pelaksana Teknis dibawah naungan BPPSDMP yakni UPT Pendidian dan Pelatihan guna mendorong peserta didik, alumni, serta petani milenial dengan usia 19-39 tahun menumbuhkan champion melalui Tani Akur di Makassar (23/10).


Sependapat, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi menambahkan, sesungguhnya Tani Akur adalah program pembangunan bagi wirausaha muda di sektor pertanian.


"Saya yakin seyakinnya, program Tani Akur ini dapat menjawab tantangan pembangunan pertanian kita. Ingat keberlanjutan pertanian kita tergantung regenerasi petani kita. Di saat yang sama, pembangunan pertanian kita juga tergantung dengan kesuksesan program agribisnis pertanian.” kata Dedi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Baru Bertolak Guna Kunjungan Kerja ke Kalimantan Timur Saat Perempuan Bersenjata Api Diamankan


Adapun secara keseluruhan, program terbagi dalam sejumlah tahapan, yang berlangsung sejak pekan ke-3 bulan ini hingga pekan ke-3 November 2022 mendatang dengan rincian minggu ke-3 Oktober 2022 sosialisasi dan identifikasi peserta oleh UPT BPPSDMP;

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SimInvest Luncurkan Fitur Baru: Investasi Reksa Dana!

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:20 WIB

Ada Gaduh Perang Galon di Balik Isu BPA

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:39 WIB
X