Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Terminal Wajib Beri Ruang Bagi UMKM

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 11:07 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 24 tahun 2021 tentang penyelenggaraan terminal penumpang angkutan jalan disebutkan bahwa terminal harus menyediakan fasilitas tempat untuk kegiatan usaha mikro dan kecil paling sedikit tiga puluh persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Hukum dan Humas, Setditjen Perhubungan Darat, Endy Irawan, ketika membacakan pidato sambutan Dirjen Perhubungan Darat.

Pada saat pembukaan kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang Undangan Bidang Perhubungan Darat mengenai Implementasi Pelaksanaan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja di Yogyakarta, Selasa, 25/10/2022.

Baca Juga: Ini Daftar 9 Tim Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Endy melanjutkan, "Pemeliharaan terminal penumpang wajib bekerjasama dengan usaha mikro dan kecil." Selain itu penyelenggaraan terminal penumpang dapat dikerjasamakan dengan dengan Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Badan Usaha Milik Desa, dan swasta.

Dalam hal apa saja penyelenggaraan terminal penumpang dapat dikerjasamakan? "Penyelenggaraan terminal penumpang yang dapat dikerjasamakan yaitu pembangunan, pengembangan, penyediaan dan pengelolaan fasilitas penunjang, pemeliharaan, perencanaan dan pelaksanaan, serta pembiayaan," jelas Endy. 

Terkait dengan penyelenggaraan bidang angkutan jalan, saat ini dalam Permenhub Nomor PM 25 tentang penyelenggaraan bidang angkutan jalan sesuai amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang lalu lintas dan angkutan jalan, terdapat substansi baru.

Baca Juga: Longsoran di Petak Stasiun Cipeundeuy-Cirahayu Bisa Diatasi, Perjalanan KA Lintas Selatan Normal Lagi

Baca Juga: Bertemu Ketum Partai Perindo, PM Palestina Mohammad Shtayyeh: Hary Tanoesoedibjo Sahabat Saya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:48 WIB

Resmi, Pemerintah Mulai Membahas RUU Perkoperasian

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:52 WIB

Raden Aziz, Muda dan Berbahaya

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:42 WIB
X