Optimalkan Platform Digital, UPZ Baznas Petrokimia Gresik Terbaik di Level BUMN

- Selasa, 1 November 2022 | 14:20 WIB

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com - Optimalkan platform digital, Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional (UPZ Baznas) Petrokimia Gresik dinobatkan sebagai "UPZ BUMN dengan Pelaporan Terbaik" dan "UPZ BUMN dengan Pengumpulan ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) Terbaik" dalam ajang "Award UPZ Baznas Tahun 2022". Penghargaan secara simbolis diterima oleh Manager UPZ Baznas Petrokimia Gresik, Deddy Firman Rahmadi di tengah acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas di Jakarta. 

Terkait hal ini, Ketua UPZ Baznas Petrokimia Gresik, Yusuf Wibisono menyampaikan bahwa, pihaknya selama ini mengelola pelaporan dana ZIS melalui sistem informasi terpadu yaitu sizipro.upzbaznaspg.com yang merupakan platform digital berbasis web. UPZ Baznas Petrokimia Gresik juga melakukan pelaporan kegiatan dengan memanfaatkan kanal media sosial Instagram dan Facebook, serta memberikan informasi melalui Whatsapp Blasting secara berkala kepada para donatur.

Selain itu, tambahnya, pelaporan kegiatan juga dikemas dalam Bulanan Digital, serta Annual Report. Program digitalisasi ini dikerjakan oleh tim di bawah koordinasi Sekretaris UPZ Baznas Petrokimia Gresik, Ari Primantara dan untuk konten-kontennya dikoordinir oleh Bendahara UPZ Baznas Petrokimia Gresik, M Nadhiful.

"Kami dalam menyampaikan pelaporan senantiasa mengedepankan prinsip transparansi. Semua platform akan kami optimalkan. Nah, karena para donatur kami adalah karyawan Petrokimia Gresik yang sebagian besar generasi Milenial dan sangat akrab dengan teknologi, maka kami menyampaikan pelaporan pengelolaan dana ZIS dan kegiatan melalui platform digital," tandas Yusuf yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan (Sesper) Petrokimia Gresik.

Pemanfaatan platform digital juga dilakukan UPZ Baznas Petrokimia Gresik dalam upaya pengumpulan ZIS. Dimana para donatur dapat menyalurkan dana ZIS melalui dompet digital yang proses transfernya menggunakan scan barcode atau QRIS, sehingga lebih praktis dan aman. Selain itu, ZIS juga dikumpulkan melalui payroll tiap bulannya, sehingga prosesnya otomatis dan tidak rumit.

Sementara, keberhasilan dalam pengumpulan ZIS juga tidak lepas dari strategi UPZ Baznas Petrokimia Gresik dengan melibatkan para donatur dalam proses penyaluran ZIS kepada penerima manfaat. Melalui kegiatan ini akan semakin terbangun engagement antara donatur, UPZ Baznas Petrokimia Gresik dan penerima manfaat.

"Pengalaman yang didapatkan para donatur ketika menyalurkan ZIS diharapkan akan diceritakan kepada calon donatur di Petrokimia Gresik, sehingga dari sini akan banyak donatur baru di kami. Di sisi lain, program ini sekaligus implementasi dari prinsip keterbukaan atau transparansi dalam penyaluran yang kami lakukan," ujar Yusuf.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, perolehan penghargaan pelaporan terbaik dari Baznas Republik Indonesia ini adalah yang kedua diperoleh UPZ Baznas Petrokimia Gresik. Ini membuktikan jika UPZ Baznas Petrokimia Gresik merupakan lembaga penghimpun dan penyaluran dana ZIS yang amanah dan profesional yang sesuai regulasi, syariat, dan tata kelola yang baik. Dampak positifnya, meningkatkan kepercayaan para donatur maupun calon donatur menitipkan dana ZIS kepada UPZ Baznas Petrokimia Gresik

"Semakin meningkat kepercayaan publik, maka dana ZIS yang terkumpul semakin besar pula, sehingga manfaat dan jangkauan yang diberikan juga semakin besar lagi," tutup Yusuf.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bukalapak Gelar Digital Acceleration Summit 2023

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:43 WIB

INNOKIN Raih Penghargaan Ecigclick Awards 2022

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:16 WIB
X