Brightspot Market Kembali Hadir dengan 'Baju' Baru

- Kamis, 3 November 2022 | 09:42 WIB
Brightspot Market Conference 2022 (Dokumentasi)
Brightspot Market Conference 2022 (Dokumentasi)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com, Brightspot Market hadir kembali dengan tema “RENEW” 2022 yang berkaca dari pandemi pada tiga tahun terakhir. Kondisi ini telah mempengaruhi perubahan perilaku konsumen yang membatasi interaksi fisik. Karena itu, perlu ada dukungan salah satunya dengan menerapkan conscious buying sebagai new lifestyle dalam keputusan berbelanja dengan lebih memilih sumber daya lokal yang mendukung ekonomi kreatif Indonesia yang berkelanjutan.

Pada tahun ketiga belas ini, Brightspot Market yang hadir di Rooftop Plaza Senayan, Jakarta kembali mendefinisikan esensi dari industri kreatif Indonesia dengan turut menjadi bagian dari ekonomi yang berkelanjutan. Acara yang akan digelar pada 3-6 November 2022 ini menjadi kali pertama tempat ini dibuka untuk publik.

Tema “RENEW” sendiri berarti lebih dari sekadar menjadi platform bagi para local brand dengan talenta besar untuk tetap bertahan menjalankan bisnis dan mempertahankan siklus circular economy.

Direktur SMESCO Leonard Theosabrata mengatakan UMKM memiliki peran yang sangat penting bagi perputaran ekonomi kreatif Indonesia. "Sebagai sektor yang menyerap tenaga kerja yang begitu besar, agar mampu bertahan ditengah gempuran pandemi dan resesi, UMKM dan pengusaha lokal butuh dukungan dari berbagai lapisan masyarakat," ungkapnya.

Salah satu upaya untuk mengekspos local brand adalah dengan menggelar event yang bisa mengundang banyak orang untuk datang. "Brightspot Market 2022 ini selaras dengan anjuran Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, kolaborasi dari berbagai pihak dari bermacam sektor menjadi unsur penting dalam pengembangan UMKM,” tambahnya.

Plaza Senayan menjadi venue pilihan dari acara ini, dengan konsep “One Stop Shopping” tempat dimana banyak memori indah terjadi sejak 26 tahun berdiri. Tetap bertahan tak tergerus oleh tantangan, Plaza Senayan bangkit kembali dengan melakukan renovasi agar dapat bersaing dengan tempat baru lain.

Baca Juga: Cegah Pungli, RSUD Pemalang Gandeng Pengelola Parkir Profesional

“Sama halnya dengan Brightspot Market yang selama 13 tahun telah menjadi tempat untuk banyak local brand menciptakan memori indah dalam debut berbisnis, beberapa brand ternama seperti Oaken Lab, Cotton Ink, Doughlab, Demie Bakmi dan banyak nama lain yang melakukan launching product. Brightspot Market menjadi lebih dari platform bagi emerging local talent bisa berdaya di negeri sendiri namun juga berhasil dilirik oleh Internasional melalui coverage dari Monocle pada tahun 2013 dengan spotlight pemberdayaan independent brands,” kata Founder Brightspot Market dan Future10 Anton Wirjono.

Mengambil tema ‘Renew 2022’ Brightspot Market mengajak semua stakeholders dengan value yang sama untuk mendefinisikan kembali mengenai adaptasi dengan perilaku konsumen yang terus berkembang. Perubahan minat dan pola belanja konsumen akan pemilihan produk yang lebih mengutamakan dampak terhadap lingkungan, sosial dan ekonomi yang berkelanjutan.

Penerapan conscious buying, dalam segi sosial, mengedepankan memilih produk lokal dibanding produk luar sebagai pemberdayaan sumber daya dalam negeri. Beriringan dengan spirit local pride yang diusung oleh Superadventure melalui kompetisinya Dare to be The Next Superpreneur. Program ini mendorong para pelaku bisnis bebas bereksplorasi dan berkreativitas dengan melihat peluang pasar yang besar.

“Kami percaya talenta, brand dan usaha lokal memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing.” ungkap Brand Communication dari SuperLive Martin Sofian.

Sementara itu, BCA juga memiliki misi yang sama dalam kontribusi mendukung para pelaku industri lokal, yaitu melalui campaign #BanggaLokal. Dengan semangat mempertahankan eksistensi dan memajukan ekonomi daerah BCA mendukung local brand sebagai talenta potensial melalui Brightspot MRKT ketiga belas.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bukalapak Gelar Digital Acceleration Summit 2023

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:43 WIB

INNOKIN Raih Penghargaan Ecigclick Awards 2022

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:16 WIB
X