Petani Binaan DSA Ini Kirim Kopi Gayo Senilai Rp 10 Miliar ke California

- Kamis, 3 November 2022 | 19:38 WIB

jakarta.suaramerdeka.com - Setelah sebelumnya ke Inggris, petani yang dibina melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA) di Kabupaten Aceh Tengah kembali mengekspor kopi produksinya ke California, Amerika Serikat. Nilai penjualan green bean Gayo coffee itu mencapai Rp10 miliar.

Pelepasan ekspor kopi itu dihadiri Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar; Sekretaris Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Kementerian Desa PDDT, Sudrajat, dan Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah, Rabu (2/11/2022).

Ketua Koperasi Usaha Tani Gayo, Rafiandi menjelaskan bahwa ekspor kopi sebanyak 5 kontainer itu bersumber dari sejumlah anggotanya yang berasal dari 32 desa di Kabupaten Aceh Tengah.

Mereka mengikuti pembinaan dari PT Astra International Tbk melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA). Dalam perkembangannya, jumlah petaninya terus bertambah.

Baca Juga: Manfaat Kopi Hitam yang Baik Untuk Tubuh

"Awalnya binaan kami ada di 9 desa dari 4 kecamatan. Sekarang binaan kami ada di 32 desa di Kabupaten Aceh Tengah," katanya.

Ekspor kopi kali ini, imbuhnya, juga melibatkan Pondok Pesantren Al Ummah. "Bersama Desa Sejahtera Astra, kami hadir untuk menyisihkan pendapatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Bupati Aceh Tengah pun mengapresiasi keberhasilan ekspor kopi petani DSA tersebut. Hal ini menambah panjang daftar petani kopi di wilayahnya yang mampu melakukan ekspor. "Eksportir kopi di kami ada sekitar 20, ada dari koperasi, PT," katanya.

Baca Juga: Menteri Teten Sebut Tradisi Pacu Kuda Khas Gayo Miliki Potensi Ekonomi Bagi UMKM

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SimInvest Luncurkan Fitur Baru: Investasi Reksa Dana!

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:20 WIB

Ada Gaduh Perang Galon di Balik Isu BPA

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:39 WIB
X