BPDPKS, DPR RI dan ASPEKPIR Gelar Bimtek Sawit Baik di Merauke

- Kamis, 3 November 2022 | 20:29 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Bekerja sama dengan Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaeman L Hamzah, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (ASPEKPIR) melaksanakan bimbingan teknis Sawit Baik di Merauke, tanggal 29 dan 30 Oktober 2022.

Bimbingan teknis yang dilaksanakan di Distrik Muting dan Distrik Ulilin tersebut menghadirkan narasumber yakni Wakil Ketua Umum Aspekpir Agus Sutarman dan Ketua Jurusan Agroteknologi Universitas Musamus Merauke Dr. Jefri Sembiring, SP.,MSi. 

Pada kegiatan tersebut, juga dipamerkan contoh-contoh produk turunan sawit">kelapa sawit seperti minyak goreng, odol, sabun dan mentega serta produk-produk kerajinan yang dihasilkan dari limbah sawit">kelapa sawit seperti tas, piring dari lidi pelepah sawit dan sebagainya. 

Baca Juga: Penjualan Vario 125 Naik Signifikan

Dihadapan peserta Bimbingan Teknis, H. Sulaeman L Hamzah mengatakan komoditas sawit">kelapa sawit merupakan produk andalan Indonesia dan penggerak perekonomian nasional yang berkontribusi besar dalam membuka lapangan pekerjaan, ekspor dan Produk Domestik Bruto (PDB).

Dia menjelaskan komoditas sawit">kelapa sawit memang menjadi primadona ekonomi Indonesia. Namun, tantangan Indonesia dalam mempertahankan keunggulan sawit">kelapa sawit ini tidak mudah, salah satunya datang dari negara-negara yang ingin akan sawit">kelapa sawit diganti dengan komoditas lain.

Sempat muncul isu agar sawit">kelapa sawit diganti dengan bunga matahari sehingga menyebabkan harga sawit">kelapa sawit turun. "Tetapi sekarang situasi sudah membaik dan harga sawit">kelapa sawit sudah jauh membaik," katanya.

Baca Juga: Petani Binaan DSA Ini Kirim Kopi Gayo Senilai Rp 10 Miliar ke California

Sebagai anggota DPR RI, dia menjelaskan sudah terdistribusi sekitar 1.400 unit alat pertanian untuk semua sektor. Namun, jumlah itu tidak akan cukup karena masih banyak yang belum menerima. Tapi inilah upaya maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua Selatan.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obaja Tour Buka Cabang Baru

Rabu, 25 Januari 2023 | 13:36 WIB

PT DEP Gelar National Convention Ke-4.

Senin, 5 Desember 2022 | 10:27 WIB

Industri Biodiesel Sudah Ikuti Aturan Pemerintah

Selasa, 15 November 2022 | 23:45 WIB

Penerapan SCR, Teknologi Mutakhir Kurangi Emisi PLTU

Minggu, 13 November 2022 | 22:30 WIB
X