Giliran Gardu Induk 150 kV Gunung Guruh yang Beroperasi

- Sabtu, 5 November 2022 | 17:23 WIB

jakarta.suaramerdeka.com - PT PLN (Persero) UIP Jawa Bagian Tengah terus menggenjot sejumlah proyek infrastruktur kelistrikan. Kali ini, mereka sukses melakukan pemberian tegangan (energize) pada GI 150 kV Semen Jawa Bay Trafo #1 yang memiliki kapasitas 1x60 MVA dan Bay Consumer 1 yang berlokasi di Gunung Guruh, Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah, Djarot Hutabri EBS, keberhasilan tersebut menjadikan pasokan listrik PLN untuk mendukung operasional PT Semen Jawa dan pelanggan 20 kV di daerah tersebut terpenuhi.

"Ini bagian dari komitmen PLN untuk selalu meningkatkan kualitas listrik bagi pelanggan. Peningkatan kualitas listrik ini juga bisa menjadi tonggak utama dalam pembangunan ekonomi. Jadi daya dorong terciptanya iklim investasi positif pada area industri," katanya dalam keterangannya, Sabtu (5/11/2022).

Dijelaskan, pengoperasian GI 150 kV Semen Jawa itu juga makin meningkatkan rasio elektrifikasi, mengingat keberadaannya tak hanya menyokong operasional dan pasokan listrik bagi industri. Pasalnya, pasokan listriknya dinikmati pula pelanggan yang berada di sekitar Gardu Induk.

Baca Juga: Proyek SUTT 150 kV Batang-Weleri Tuntas, Keandalan Kelistrikan Batang Makin Jos

Untuk membangun proyek infrastruktur ketenagalistrikan tersebut, PLN menginvestasikan lebih dari Rp 113 miliar. Mereka juga mengalokasikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam proyek tersebut hingga 74,73 persen. Proyek juga menyerap 183 tenaga kerja lokal.

“Dengan beroperasinya GI ini juga kami berharap bisa ikut mengembangkan perekonomian daerah. Nantinya industri ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar lokasi operasional perusahaan industri terkait,” jelasnya.

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SimInvest Luncurkan Fitur Baru: Investasi Reksa Dana!

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:20 WIB

Ada Gaduh Perang Galon di Balik Isu BPA

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:39 WIB
X