140 Pelaku Ekonomi Kreatif Meriahkan Acara G20 Leaders Summit di Bali

- Kamis, 17 November 2022 | 10:39 WIB
 (SM/Dok)
(SM/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) untuk memfasilitasi 140 pelaku ekonomi kreatif untuk tampil di instalasi planogram dalam mendukung kegiatan GPDRR tersebut.


"Terdapat 140 pelaku ekonomi kreatif yang telah dikurasi dari 500 pelaku ekonomi kreatif yang siap memamerkan produk-produk ekonomi kreatif di instalasi planogram yang berjarak kurang lebih 500 meter dari tempat utama penyelenggaraan GPDRR 2022," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf ), Sandiaga Uno

Salah satu brand lokal asal Jawa Tengah yang berpartisipasi dalam menyemarakkan International Event : G20 Leaders Summit di Bali adalah Doyle. Doyle menjadi salah satu brand lokal asal Semarang yang berhasil dan sukses melewati masa pandemi Covid-19 serta mempunyai catatan bagus saat ikut serta dalam kegiatan GP Mandalika G20.

"Karena keberhasilannya dalam melewati krisis saat Covid-19, Doyle terpilih menjadi salah satu UMKM yang masuk dalam program Planogram Kemenparekraf untuk di display di event tersebut," terangnya.

Instalasi planogram merupakan pameran berformat instalasi portable, di mana setiap poster jenama produk ekraf yang ditampilkan dilengkapi barcode yang akan mengarahkan pengunjung ke toko penjualnya secara online atau daring.

Pada instalasi planogram ini ada dua panel vertikal dan satu meja display yang dapat diputar menggunakan sensor touchless. Di setiap meja display-nya juga terdapat mini screen yang akan memutar video looping atau penjelasan tentang produk kreatif karya anak bangsa serta cara pembeliannya.

Beragam produk ditawarkan oleh Doyle, seperti fashion, tas, dompet, bahkan hingga pelindung laptop. Doyle berhasil merangkul para penjahit untuk bangkit melawan terpaan ekonomi dalam masa pandemi Covid-19.

Merangkul para penjahit menjadi terobosan Doyle untuk mendorong perekonomian dalam industri kreatif di Indonesia secara penuh dalam memerangi pandemi Covid-19.

"Semenjak bergabung dengan Doyle, Alhamdulillah saya bias menyekolahkan anak sampai jenjang perkuliahan, padahal waktu itu saya bingung mencari pendapatan," kata Yanti, salah satu penjahit dari yang ikut dirangkul Doyle melalui keterangan tertulis pada Selasa, 9 November 2022.

Produk-produk Doyle berhasil menyasar ke segmen usia produktif. Dengan Puffy Collection-nya. Selain itu, beragam kolaborasi telah dilakukan bersama dengan Paul Partohap, Gita Savitri, bahkan berkolaborasi dengan brand L’oreal Paris.

"Kolaborasi yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan penjualan produk dari Doyle hingga ribuan transaksi," tutur Sandiaga.

Seperti diketahui bahwa saat ini, Indonesia berperan menjadi Presidensi G20 Leaders Summit. Seperti kita ketahui, G20 adalah platform multilateral strategis yang menjadi jembatan antara 20 negara maju dan berkembang di seantero dunia. Forum G20 ini lebih fokus membahas kebijakan dalam rangkam mencapai stabilitas keuangan dunia internasional.

Pelaksanaan G20 Leaders Summit menjadi forum yang dirancang sebagai upaya yang bertujuan untuk mencari solusi mengenai hal yang berhubungan dengan kondisi ekonomi dunia yang dilanda krisis keuangan global pada tahun 1997-1999 yang melibatkan negara-negara berpenghasilan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi sistemik, termasuk didalamnya Negara Indonesia.

Beraneka macam acara G20 telah dan akan digelar di berbagai kota yang ada di Indonesia, yakni Labuan Bajo, Yogyakarta, Manokwari, Balikpapan, Lombok, Bali dan kota lainnya selama tahun 2022 ini. Penyelenggaraan G20 terdekat berlangsung pada 15-16 November 2022 di Bali.***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

SimInvest Luncurkan Fitur Baru: Investasi Reksa Dana!

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:20 WIB

Ada Gaduh Perang Galon di Balik Isu BPA

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:39 WIB
X