Kesuksesan Presidensi G20 Momentum Balik Indonesia di Kancah Internasional

- Kamis, 24 November 2022 | 22:26 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Biro KLIP Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Biro KLIP Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Kesuksesan Presidensi G20 dapat menjadi momentum balik bagi Indonesia di kancah internasional. Dimana sebelumnya Indonesia masih berpegang pada inward looking atau fokus ke dalam negeri ketimbang keluar.

"Saat ini Indonesia sudah menjadi perhatian dunia dan dikenal sebagai negara yang memiliki pasar yang besar," kata Ekonom INDEF Andri Satrio Nugroho, Kamis (24/11).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kesuksesan Presidensi G20 membawa dampak positif terhadap citra Indonesia di mata internasional. Baik dalam sektor hubungan internasional maupun ekonomi.

"Mereka, negara-negara besar, sudah melihat bahwa ekonomi terbesar di dunia ini yang masih positif atau istilahnya the bright spot in dark adalah Indonesia dan ASEAN," ujarnya.

Dengan demikian, Indonesia menjadi alternatif investasi. Apalagi melihat Indonesia stabil secara politik dan stabil untuk regulasi investasi.

"Sehingga hal ini menjadi kesempatan bagi Indonesia berada di dalam panggung dunia," tandasnya.

Mendominasi
Andri menambahkan, Indonesia menghadapi bonus demografi. Yakni ketika banyak dari anak muda mendominasi jumlah total penduduk di Indonesia.

“Jumlah penduduk tinggi, pangsa pasar besar, daya beli baik. Maka investor tertarik masuk ke Indonesia. Namun apakah hanya berpuas diri sebagai pasar saja? Tentu tidak,” tegasnya.

Untuk itulah, perlu ditarik investasi-investasi yang berorientasi ekspor. Karena dengan begitu, maka kualitas barang produksi Indonesia berkualitas dan bersaing di kancah dunia.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X