Penuhi Target PBB 2028 Bebas limbah Trafo, PPLI Gelar Sosialisasi PCBs

- Sabtu, 26 November 2022 | 15:23 WIB
paparan kepada jajaran Pertamina Hulu Energi di gedung Training Center PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), Kamis (24/11). (Foto: Dok PPLI)
paparan kepada jajaran Pertamina Hulu Energi di gedung Training Center PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), Kamis (24/11). (Foto: Dok PPLI)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Bila bicara PCBs tentu yang terbayang adalah papan berisi komponen elektrik yang ada di perangkat elektronik.

PCBs adalah singkatan dari PolyChlorinated Biphenyls adalah suatu kelompok senyawa kimia buatan yang dapat berwujud cairan minyak maupun padatan dan masuk kategori Polutan Organik yang Persistens (POPs)

PCBs banyak terdapat pada trafo. Limbah PCBs ini sesungguhnya jauh lebih mematikan dan berbahaya dari merkuri atau sianida.

Demikian diungkapkan Rio Deswandi dari National Advisor United Nation Industry Development (UNIDO) usai memberikan paparan kepada jajaran Pertamina Hulu Energi di gedung Training Center PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), Kamis (24/11).

Baca Juga: Beyond Education Indonesia Gelar Merdeka Belajar di Perbatasan

Dikatakan lebih berbahaya, karena limbah PCBs tersebut tidak akan hilang di ruang terbuka sekalipun. Dia akan tetap ada dan merusak bagi ekosistem dan jiwa manusia.

Saat ini, diakui masih banyak yang belum memahami PCBs tersebut, termasuk bagaimana cara penanganannya. "Saya apresiasi PPLI menggelar kegiatan ini," imbuhnya.

"Dari empat ribu lebih perusahaan yang kita riset, masih ratusan perusahaan yang menggunakan limbah berbahaya PCBs. Dan yang mengelola limbah tersebut dengan benar masih sangat sedikit," terangnya.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obaja Tour Buka Cabang Baru

Rabu, 25 Januari 2023 | 13:36 WIB

PT DEP Gelar National Convention Ke-4.

Senin, 5 Desember 2022 | 10:27 WIB

Industri Biodiesel Sudah Ikuti Aturan Pemerintah

Selasa, 15 November 2022 | 23:45 WIB

Penerapan SCR, Teknologi Mutakhir Kurangi Emisi PLTU

Minggu, 13 November 2022 | 22:30 WIB
X