PREMK BRIN-Telkom ITDRI: Tekan Gap, Percepatan Transformasi Digital bagi UMKM Adalah Kunci

- Senin, 28 November 2022 | 09:32 WIB
PREMK BRIN-Telkom ITDRI jalin kerjasama riset digitalisasi UMKM.
PREMK BRIN-Telkom ITDRI jalin kerjasama riset digitalisasi UMKM.

jakarta.suaramerdeka.com - Pusat Riset Ekonomi Makro Keuangan BRIN dan Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (Telkom) melalui ITDRI (Indonesia Telecommunication & Research Institute) sepakat untuk mempercepat transformasi digital khususnya bagi pelaku UMKM di Indonesia.

Kerjasama itu bertujuan menyiapkan kesiapan digital UMKM sehingga tak gagap. Lebih dari itu, merujuk hasil riset, terjadi kesenjangan yang cukup besar antara usaha skala besar dan mikro kecil dalam pemanfaatan teknologi digital yang mesti dikurangi.

UMKM Indonesia punya potensi yang luar biasa. Langkah ini semata supaya UMKM kita benar-benar bisa menjadi kekuatan ekonomi nasional yang tidak tergoyahkan. Kolaborasi dengan BRIN, menjadi inisiatif yang sangat baik untuk riset secara cermat, mendalam dan objektif terkait riset kesiapan digitalisasi UMKM,” kata Chairman of ITDRI Jemy V Confido dalam keterangannya, Senin (28/11/2022).

Sebelumnya, keduanya telah melakukan kolaborasi riset secara berkala. Dalam kerjasama terbaru ini, PREMK BRIN-Telkom ITDRI bakal bersinergi melakukan penelitian bersama mengenai pengembangan teknologi digital usaha mikro kecil dan menengah yang diproyeksikan menjadi solusi peningkatan efisiensi dan produktivitas UMKM.

Baca Juga: ITDRI InnoTalks Series #2: Inovasi Berstandar Global Harus Jadi Target

Penandatanganan PKS kedua lembaga itu sendiri sudah dilakukan di Gedung PDDI-BRIN pada 16 November 2022. Hadir dalam kegiatan tersebut Chairman of ITDRI, Jemy V Confido, Kepala Riset Ekonomi Makro dan Keuangan Badan Riset dan Inovasi Nasional, Dr Zamroni, EVP Divisi Business Service Telkom Indonesia, Eddy Sofryano dan Deputi Kebijakan Pembangunan BRIN, Dr Mego Pinandito.

Direncanakan kolaborasi riset itu dilakukan di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan dengan memiliki tiga tujuan penelitian yang mencakup identifikasi karakter teknologi UMKM, mengembangkan teknologi digital untuk UMKM, dan mengembangkan model adopsi berbasis kolaborasi Penta-Helix.

Telkom-ITDRI yang membawa spirit tiga pilar utama yaitu learning, research and innovation, menyakini langkah konstruktif itu mampu berkontribusi dalam mempercepat transformasi Indonesia melalui digitalisasi UMKM yang akan meningkatkan produktivitas sekaligus daya saing perekonomian nasional.

Baca Juga: UMKM Diyakini Mampu Hadapi Resesi Global 2023

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ekonomi Indonesia Tetap Kuat di Tahun Politik

Selasa, 7 Februari 2023 | 21:54 WIB
X