Potensi Pasar Obligasi di Tengah Inflasi AS yang Melandai

- Senin, 28 November 2022 | 17:54 WIB
                                (Ezra Nazula - Director & CIO, Fixed Income MAMI)
(Ezra Nazula - Director & CIO, Fixed Income MAMI)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Di awal November pasar obligasi dunia kembali bergejolak seiring meningkatnya imbal hasil US Treasury sampai ke level 4.17%. Apa penyebabnya?

 

Komentar Fed Chair Jerome Powell pada rapat FOMC di awal bulan November membuat volatilitas pasar finansial dunia kembali meningkat. Sesuai ekspektasi, The Fed masih menerapkan – dan menyatakan akan melanjutkan –kebijakan restriktif untuk memerangi inflasi. Namun yang menjadi pembeda, The Fed menyampaikan bahwa peningkatan suku bunga dapat berjalan lebih gradual (memberikan kesempatan pada ekonomi untuk merespons kenaikan sebelumnya) namun puncak suku bunga dapat lebih tinggi dari ekspektasi sebelumnya.

 

Sisi positifnya, kenaikan suku bunga secara gradual memberikan ruang bagi ekonomi untuk melakukan penyesuaian secara bertahap dan kebijakan moneter bisa menjadi lebih fleksibel. Namun sisi negatifnya, terminal rate atau puncak kenaikan suku bunga menjadi lebih tinggi. Saat ini pasar memperkirakan terminal rate meningkat menjadi 5,0 – 5,1% di bulan Mei 2023 dari perkiraan sebelumnya 4,8 – 4,9% di bulan Maret 2023.

 

Walaupun demikian, kami memperkirakan The Fed dapat saja berubah haluan menjadi lebih akomodatif, terutama jika data-data ekonomi mulai beralih ke arah pelemahan dan inflasi turun secara konsisten.

 Baca Juga: Sinarmas MSIG Life Buktikan Komitmen Pembayaran Klaim Lebih dari Rp380 Miliar

Terlihat bahwa perkembangan inflasi Amerika Serikat sangat krusial bagi arah kebijakan moneter yang diambil oleh The Fed. Bagaimana pandangan Anda atas ekspektasi inflasi Amerika Serikat ke depannya?

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Artikel Terkait

Terkini

Bukalapak Gelar Digital Acceleration Summit 2023

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:43 WIB

INNOKIN Raih Penghargaan Ecigclick Awards 2022

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:16 WIB
X