Ketahanan Ekonomi Indonesia Bisa Tarik Investor

- Kamis, 1 Desember 2022 | 20:27 WIB
Ilustrasi resesi (pixabay.com)
Ilustrasi resesi (pixabay.com)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Indonesia sebenarnya bisa memanfaatkan kondisi ketahanan ekonomi dalam negeri. Yakni untuk menarik hati para investor.

"Memang banyak keluhan investor bukan di nasional, tapi pada saat urus izin di daerah," kata Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto, Kamis (1/12).

Menurutnya, untuk memikat hati investor atau membuat mereka tertarik untuk tetap menginvestasikan dana di Indonesia, harus pandau menjadikan aspek minimnya risiko resesi. Hal tersebut menjadi nilai jual Indonesia.

"Berbagai indikator makro menunjukkan ketahanan kondisi ekonomi Indonesia. Bahkan lembaga internasional juga memprediksi perekonomian Indonesia masih mampu tumbuh di tahun depan," ujarnya.

Dikatakan, tingkat inflasi Indonesia masih dalam level moderat. Padahal, banyak negara besar yang menggalami gejolak ekonomi.

"Antara lain seperti Inggris, Amerika Serikat, Uni Eropa dan China. Fakta itu diolah saja menjadi bahasa positif untuk menggaet investor," tandasnya.

Lama
Karena kalau mereka tunggu Eropa pulih mungkin situasinya akan sangat bergantung dari Rusia-Ukraina. Dan mungkin agak lama.

"Selain itu, Indonesia juga patut bisa memanfaatkan kondisi geopolitik untuk menggaet investor asing. Beberapa negara yang relatif dominan berinvestasi di China, tengah mencari tujuan investasi baru," tegasnya.

Hal itu untuk memitigasi kecenderungan investasi pada China. Beberapa negara investor merasa khawatir dengan besarnya ketergantungan terhadap China dalam konteks investasi.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Erick Thohir: BUMN Terus Dorong UMKM Naik Kelas

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:38 WIB

Obaja Tour Buka Cabang Baru

Rabu, 25 Januari 2023 | 13:36 WIB

SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:48 WIB

10 Capaian Prestasi BRI di 2022 & Strategi Hadapi 2023

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:25 WIB
X