Perekonomian Kreatif dan Berkelanjutan Sebagai Pengungkit Bangkitnya Sektor UMKM

- Kamis, 8 Desember 2022 | 16:34 WIB
 (Tampak pada gambar, perwakilan pemkot Semarang, staf ahli walikota bidang pemerintahan,politik dan hukum, ibu Nurjanah,berfoto bersama dengan para pengusaha UMKM Semarang yang berpartisipasi dalam acara Semarang In Your Hands)
(Tampak pada gambar, perwakilan pemkot Semarang, staf ahli walikota bidang pemerintahan,politik dan hukum, ibu Nurjanah,berfoto bersama dengan para pengusaha UMKM Semarang yang berpartisipasi dalam acara Semarang In Your Hands)

SEMARANG, suaramerdeka-jakarta.com – Peranan perekonomian kreatif dan bisnis berkelanjutan sangatlah penting bagi bangkitnya sektor UMKM. Hal ini dikatakan oleh Bapak Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif dalam pidato utamanya pada pembukaan acara Festival & Talks Semarang in Your Hands.

 

UMKM berperan penting dalam meningkatkan perekonomian nasional dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61.07% di tahun 2020. Pada tahun 2024, kontribusi UMKM terhadapa PDB ditargetkan naik menjadi 65%. Untuk mencapai tujuan itu, peranan ekonomi kreatif diharapkan dapat membantu membangkitkan sektor UMKM. Salah satu cara kami di Menparekraf dalam membangkitkan perekonomian nasional, adalah dengan gerakan digitalisasi UMKM dengan gerakan nasional bernama Bangga Buatan Indonesia dan Baparekraf digital entrepreneurship. Ekonomi digital kini telah menjadi kontributor besar bagi pertumbuhan ekonomi, memfasilitasi perdagangan, menciptakan lapangan kerja baru dan peluang ekonomi, serta memungkinkan bisnis untuk memperluas pasarnya. Hal ini juga akan memperkuat daya saing nasional sehingga Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kami berharap dengan diadakannya kegiatan Semarang In Your Hands dapat menjadi langkah awal seluruh pemegang kebijakan dalam penguatan industri kreatif sebagai pengungkit perekonomian nasional yang terdampak pandemi COVID-19 ,” ucap Bapak Sandiaga Uno.

 

Hal senada juga dikemukakan oleh Myrna Soeryo sebagai salah satu penggagas Semarang In Your Hands dan  pelaku ekonomi kreatif. “Kota Semarang memiliki pertumbuhan UMKM berizin tertinggi sejumlah 91 ribu lebih berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kota Semarang. Untuk itu Semarang In Your Hands diadakan sehingga dapat membina dan mendorong pengusaha UMKM Semarang, agar memiliki literasi digital, kreativitas dan menjadi pelaku bisnis berkelanjutan guna mengoptimalkan peluang pasar dan menaikkan skala bisnisnya,” ucap Myrna.

 Baca Juga: Situasi Astana Anyar Berangsur Normal, Jaringan yang Diduga Membantu Pelaku Dipetakan

(Tampak pada gambar, perwakilan pemkot Semarang, staf ahli walikota bidang pemerintahan,politik dan hukum, ibu Nurjanah berbincang-bincang dengan penggagas Semarang In Your Hands, Nidya Gustianingsih dan Myrna Soeryo serta pengusaha mainan kayu,Lia Handoko)

Menghadirkan berbagai narasumber kompeten di bidang wirausaha, ekonomi kreatif dan bisnis berkelanjutan asal Semarang, antara lain Lia Oktaviani Handoko, pengusaha mainan kayu dan dekorasi serta Devy Natalia, pengusaha pakaian anak; Semarang In Your Hands juga memberikan kesempatan kepada 23 pengusaha UMKM Semarang, khususnya kuliner, untuk menjajakan dagangan usahanya.

 

(Tampak pada gambar, perwakilan pemkot Semarang, staf ahli walikota bidang pemerintahan,politik dan hukum, ibu Nurjanah,berfoto bersama dengan para anggota marching band SMK Negeri Jawa Tengah)

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:48 WIB

Resmi, Pemerintah Mulai Membahas RUU Perkoperasian

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:52 WIB

Raden Aziz, Muda dan Berbahaya

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:42 WIB
X