Dorong Peningkatan UMKM, PTPN III (Persero) Ikutsertakan Mitra Binaan dalam Forum Kemitraan UKM/IKM

- Jumat, 9 Desember 2022 | 14:19 WIB
 (Forum Kemitraan Usaha Kecil Menengah (UKM)/Industri Kecil menengah (IKM) yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) di Gedung Smesco Jakarta.)
(Forum Kemitraan Usaha Kecil Menengah (UKM)/Industri Kecil menengah (IKM) yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) di Gedung Smesco Jakarta.)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) turut berpartisipasi dalam Forum Kemitraan Usaha Kecil Menengah (UKM)/Industri Kecil menengah (IKM) yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) di Gedung Smesco Jakarta, pada Kamis (24/11/2022). Dalam agenda tersebut, PTPN III (Persero) mengikutsertakan sejumlah mitra binaan di bidang alat pertanian.

 

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan usaha mikro dan usaha kecil (UMK). Salah satunya dengan memperkuat mitra binaan melalui berbagai program, seperti bantuan modal usaha, pembinaan pengembangan usaha, perluasan pangsa pasar lewat pameran, hingga pelatihan go digital. “Hal itu merupakan bentuk sinergi kami dengan UKM agar mereka dapat tumbuh dan berkembang, serta memperluas pasar,” ujarnya di Jakarta (6/12/2022).

 

Abdul Ghani mengatakan, saat ini PTPN Group memiliki 104 Mitra Binaan UMK. Dari jumlah tersebut, 32 mitra binaan di antaranya telah berhasil “naik kelas” dengan go online. “Kami menargetkan, hingga akhir tahun 2022, mitra binaan kita yang bisa go online bisa mencapai 286 mitra binaan,” ujarnya

Baca Juga: Berkisah tentang tragedi alam didunia, Arupa Kata Rilis Album Sedetik Senyawa

PTPN Group, lanjut Abdul Ghani, konsisten memberdayakan mitra binaan UMKM guna mendukung upaya pemerintah menjaga ketahanan ekonomi nasional. Hal itu, sejalan dengan salah satu pilar program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN.

 

“Jumlah UMKM yang sudah mencapai sekitar 64,2 juta, memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, serta mampu menyerap sebagian besar tenaga kerja nasional. Dengan ikutsertanya mitra binaan kami dalam event ini, diharapkan bisa lebih mendorong motivasi mereka untuk lebih berkembang” ujarnya

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:48 WIB

Resmi, Pemerintah Mulai Membahas RUU Perkoperasian

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:52 WIB

Raden Aziz, Muda dan Berbahaya

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:42 WIB
X