Tingkat Kepuasan Tinggi, Publik Apresiasi Kinerja Jokowi Kelola Ekonomi

- Selasa, 24 Januari 2023 | 18:26 WIB
Presiden Joko Widodo. (Ist)
Presiden Joko Widodo. (Ist)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Tingginya tingkat kepuasan masyarakat, disebabkan karena Presiden Joko Widodo dan jajaran menterinya dinilai mampu mengelola ekonomi dengan baik. Meskipun di tengah situasi krisis global.

"Pemerintah, tim ekonomi kementerian yang tentu dinahkodai oleh Pak Jokowi, mampu membuat perekonomian kita tidak menakutkan," kata pengamat ekonomi Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Rosdiana Sijabat, Selasa (24/1).

Hal itu sekaligus menanggapi hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI). Yang mana menyebut tingkat kepuasan terhadap Jokowi mengalami peningkatan.

Dimana salah satunya seiring dengan peningkatan persepsi pada aspek ekonomi. Rosdiana mengatakan, sejumlah negara maju justru ketakutan.

"Karena inflasi yang tinggi dan suku bunga yang tinggi. Kemudian pertumbuhan ekonomi yang menurun dan beberapa mungkin juga khawatirkan sampai ke negatif," ujarnya.

Menurutnya, di beberapa kuartal terakhir terlihat pemerintah terus berupaya. Padahal, baru selesai pandemi Covid-19 dan di tengah ketidakpastian ekonomi secara global.

Cerminan
Dia menyatakan, hasil survei tersebut sesuatu cerminan bagaimana publik mengapresiasi kinerja kementerian dan juga kinerja Jokowi. Namun, Rosdiana meminta pemerintah tetap harus waspada.

"Situasi ekonomi global akan semakin penuh dengan tantangan yang perlu dikelola dengan baik. Antara lain seperti guncangan inflasi yang cenderung tinggi di negara-negara maju," tandasnya

Dimana inflasi di negara-negara seperti di Eropa, Amerika Serikat, Inggris di atas 10 persen. Kemudian di kawasan ASEAN, juga banyak negara seperti Laos yang inflasinya 2 digit.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

SimInvest Luncurkan Fitur Baru: Investasi Reksa Dana!

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:20 WIB

Ada Gaduh Perang Galon di Balik Isu BPA

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:39 WIB
X