SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:48 WIB
Raih Penghargaan SCF Syariah Terbaik, SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini (Istimewa )
Raih Penghargaan SCF Syariah Terbaik, SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini (Istimewa )

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Berdasarkan pemberitaan media pada 2022 ini, peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5% dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Namun UMKM menghadapi permasalahan akses pembiayaan dan pendanaan untuk mengembangkan usahanya. Salah satu solusi alternatif saat ini adalah hadirnya platform digital Securities Crowdfunding yang berbasis Syariah di Indonesia. UMKM dapat mengajukan pendanaan melalui penyelenggara layanan urun dana ini hingga nilai pendanaan 10 miliar.

Baca Juga: Menimbang Biaya Haji di Indonesia.

Co-Founder dan CEO PT Shafiq Digital Indonesia (SHAFIQ), Kevin Syahrizal dalam penjelasannya kepada media mengungkapkan, bahwa saat ini ada trend yang terus meningkat terkait minat pengusaha untuk mendapatkan akses pendanaan melalui SCF Syariah, hal ini ditandai dengan semakin beragamnya jenis industri pada penawaran melalui platform Shafiq.id.

“Per 31 Desember 2022, sepanjang tahun 2022 SHAFIQ telah mengucurkan pendanaan 129,3 Miliar kepada 30 Pengusaha melalui 66 efek (Sukuk dan Saham Syariah). Saat ini 15 efek telah selesai, 47 sukuk berjalan dan 1 saham syariah. Berdasarkan data tersebut terdapat 24.18% pendanaan sesuai dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs),” terang Kevin baru-baru ini.

Baca Juga: Indonesia dan 100 Tahun NU.

“Untuk industri yang melakukan penawaran melalui platform SHAFIQ didominasi sektor Perdagangan 26.3 %, Telekomunikasi 26.1%, disusul Infrastruktur dan Teknologi 25.6%, baru kemudian Energi 14.1% dan Kesehatan 6.1%. Keragaman sektor industri menjadi pertanda bahwa para pelaku usaha masih menaruh harapan optimis untuk keadaan ekonomi 2023 di tengah ancaman resesi global,” sambungnya.

Mengutip penjelasan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bahwa Pemerintah optimis dan akan terus membangun integritas dan kepercayaan terutama bagi para investor pemula dan investor muda terhadap pasar modal Indonesia tahun 2023.

Baca Juga: Keniscayaan untuk Gus Yaqut.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SHAFIQ Naikkan Target Pendanaan Tahun ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:48 WIB

Resmi, Pemerintah Mulai Membahas RUU Perkoperasian

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:52 WIB

Raden Aziz, Muda dan Berbahaya

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:42 WIB
X