Efisiensi Biaya Logistik Dongkrak Investasi dan Daya Saing Ekspor

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:46 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Biro KLIP Kemenko Perekknomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Biro KLIP Kemenko Perekknomian)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Kehadiran National Logistics Ecosystem (NLE) diharapkan dapat meningkatkan efisiensi logistik nasional. Yakni dengan cara mengintegrasikan layanan pemerintah, dengan platform-platform logistik yang telah beroperasi.

"Sinergi dan kolaborasi adalah kunci, karena menjaga resiliensi ekonomi dan memastikan tercapainya target pertumbuhan ekonomi membutuhkan kerja sama dan kerja keras seluruh pemangku kepentingan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dengan demikian, lanjutnya, kolaborasi menjadi kunci keberhasilan implementasi NLE. Seperti diketahui, pemerintah berupaya meningkatkan kinerja logistik nasional untuk memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional.

"Salah satunya dengan menginisiasi NLE. Yang mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional," ujarnya

Sementara itu, peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eisha Maghfiruha Rachbini mengungkapkan, tingginya biaya logistik di Indonesia menjadi salah satu kendala investasi. Sekaligus melemahkan daya saing produk-produk dalam negeri.

"Biaya logistik memang menjadi faktor yang menentukan daya saing Indonesia. Di sisi ekspor, biaya logistik yang mahal menjadikan produk Indonesia kalah saing (mahal), dibandingkan dengan kompetitornya di pasar internasional," tandasnya.

Lancar
NLE juga dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi logistik nasional. NLE memastikan kelancaran pergerakan arus barang ekspor dan impor, maupun pergerakan arus barang domestik, baik antar daerah dalam satu pulau maupun antar pulau.

"Oleh sebab itu, NLE akan berdampak signifikan jika mampu dilakukan secara optimal. Jika NLE ini berhasil diterapkan dan implementasinya sesuai dengan tujuannya - yaitu mengurangi biaya logistik - saya rasa upaya yang baik," tegasnya.

Terutama dalam mendukung ekspor dan juga percepatan industrialisasi di dalam negeri. Selain mampu mendongkrak investasi, NLE juga akan meningkatkan daya saing ekspor Indonesia, dan mendorong pertumbuhan industri dalam negeri.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

SimInvest Luncurkan Fitur Baru: Investasi Reksa Dana!

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:20 WIB

Ada Gaduh Perang Galon di Balik Isu BPA

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:39 WIB
X