Tips Manajemen Keuangan agar Makin Cuan di 2023 ala Tokopedia

- Selasa, 31 Januari 2023 | 12:15 WIB
Tokopedia bersama Tirta Prayudha, pendiri Big Alpha-platform penyedia konten edukasi mengenai keuangan, membagikan tips cara berinvestasi yang tepat agar semakin cuan di tahun yang baru. (mr)
Tokopedia bersama Tirta Prayudha, pendiri Big Alpha-platform penyedia konten edukasi mengenai keuangan, membagikan tips cara berinvestasi yang tepat agar semakin cuan di tahun yang baru. (mr)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com - Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi keuangan masyarakat Indonesia meningkat sebesar 49,68 persen, dibanding 2019 yang hanya 38,03 persen.  

 

Dengan meningkatnya persentase literasi keuangan tersebut, tak heran jika di awal tahun baru ini banyak masyarakat Indonesia yang ingin mengubah kondisi finansial lebih baik dengan membuat resolusi keuangan 2023. 

 

Trik Mengatur Keuangan Pribadi Jadi Lebih Sehat 

Tokopedia bersama Tirta Prayudha, pendiri Big Alpha-platform penyedia konten edukasi mengenai keuangan, membagikan tips cara berinvestasi yang tepat agar semakin cuan di tahun yang baru.

Baca Juga: Sinergi Cegah Stunting dengan Penuhi Nutrisi Berkualitas Anak Secara Tepat

1. Kelola Keuangan dengan Baik

Demi keuangan yang sehat, kebiasaan pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan harus dihindari.

 

Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran dengan menggunakan sarana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. “Tujuannya agar dapat mengukur kemampuan menabung dan berinvestasi,” ucap Tirta.

Baca Juga: Witan Resmi Gabung Persija, Warganet: Wellcome Baby Shark!

2. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah hal penting yang perlu disiapkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi secara mendadak dan mungkin bisa menyebabkan kondisi keuangan terganggu.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BNI Dukung Promosi IKN di Singapura

Rabu, 7 Juni 2023 | 20:09 WIB
X