Webinar #akuberdaya Nina Nugroho : Overthinking Sebabkan 4 Hal ini, Salah Satunya Emosi Tidak Terkontrol

- Kamis, 23 Desember 2021 | 15:43 WIB
Webinar Gerakan #akuberdaya Nina Nugroho bertajuk Meredakan Gemuruh Overthinking bersama coach Iis Anthea (humas Nina Nugroho)
Webinar Gerakan #akuberdaya Nina Nugroho bertajuk Meredakan Gemuruh Overthinking bersama coach Iis Anthea (humas Nina Nugroho)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Istilah overthinking seolah sedang menjadi trending topik saat ini.

Overthinking menjadi salah satu penyebab berbagai masalah, salah satunya menyebabkan emosi tak terkontrol.

Hidup memang tak pernah lepas dari masalah. Namun terus menerus berpikir secara berlebihan (overthinking) akan berdampak pada kesehatan mental seperti;  stress, cemas, takut hingga berakibat kepada kesehatan fisik.

Beberapa penelitian mengatakan manusia berpikir kurang lebih 70.000 kali setiap harinya. Bahkan pada saat memiliki masalah, otak akan terus ‘loncat-loncat’ like jumping monkey.

Baca Juga: Hanya Berperan 20 Persen, Faktor Genetik Bukan Penyebab Tubuh Pendek

Iis Anthea, seorang life transformation coach mengatakan hal ini pada sharing session Gerakan #akuberdaya yang digagas desainer Nina Nugroho bekerjasama dengan TEMPA Trainers Guild (TTG), sebuah asosiasi yang mewadahi para trainers dari berbagai kepakaran, pada Minggu, 19 Desember 2021.

Dijelaskan Iis, asal kata  overthinking adalah over (berlebih)  dan thinking (berpikir).  Overthinking sendiri  adalah sebuah gejala, jadi bukan penyakit yang sesungguhnya.

“Overthinking,  berpikir terlalu berlebihan. Memikirkan masa lalu yang sudah berlalu, masa depan yang belum terjadi. Hal tersebut berulang-ulang terjadi. Sehingga waktu kita habis hanya untuk memikirkan sesuatu yang seharusnya tidak dipikirkan. Capek nggak sih? Pastilah,” ungkap Iis.

Menurut Iis, bisa dibayangkan orang yang setiap saat terus berpikir, dimana dalam kehidupan luar saja sudah berisik, ditambah lagi di dalam otaknya juga tak kalah berisik. Akibatnya otaknya  terdistraksi oleh berbagai macam masalah.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Zegavit Jawab Kebutuhan Akan Mikronutrisi

Kamis, 28 April 2022 | 11:42 WIB

Habbats Latte, Cara Baru Menikmati Habbatussauda

Kamis, 28 April 2022 | 07:27 WIB

Obati Sakit Mag Dengan Menyenangkan

Jumat, 22 April 2022 | 10:52 WIB

Jaga Imunitas Anak dengan Asupan Vitamin C

Rabu, 6 April 2022 | 07:44 WIB
X