Luncurkan Koleksi Terbaru, Tulola Jewelry Gandeng Seniman Ukir Keris Bali

- Kamis, 24 Maret 2022 | 22:59 WIB
Koleksi keris hasil kolaborasi Tulola Jewelry dengan seniman ukir keris Bali, I Made Pada (SM/Prajtna Lydiasari)
Koleksi keris hasil kolaborasi Tulola Jewelry dengan seniman ukir keris Bali, I Made Pada (SM/Prajtna Lydiasari)

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Tulola Jewelry meluncurkan sebuah program Pustaka Tulola dengan koleksi terbaru bertajuk Ketenangan Jiwa pada 24 Maret 2022. Koleksi Ketenangan Jiwa akan berlangsung selama tiga hari, 24-26 Maret 2022 di Savyavasa, Jakarta.

Tahun ini, Pustaka Tulola menggandeng seniman ukir keris mumpuni asal Bali, I Made Pada yang telah dikenal dedikasinya lebih dari 35 tahun dalam seni ukir emas dan perak untuk perhiasan Barong Suci, keris dan Pratima (benda sakral) bagi sesuhunan (Dewata dan leluhur) di berbagai Pura di Bali.

Pustaka Tulola adalah laboratorium penciptaan kreatif bagi para founder-nya Sri Luce Rusna, Happy Salma dan co-founder Franka Franklin Makarim. Pustaka Tulola merupakan upaya pencatatan motif kultural Nusantara, teknik adiluhung, kisahan mitos, legenda dan sastra Indonesia, inovasi desain terkini, berikut ide-ide kreatif lintas bidang dari pendirinya.

"Pustaka Tulola adalah upaya untuk mengembangkan dan memberikan kesegaran pada seni kreatif perhiasan agar kekayaan motif dan teknik warisan Nusantara tidak punya dan terlupakan oleh zaman," ujar Happy Salma di Jakarta pada Kamis, 24 Maret 2022.

Awalnya, kolaborasi ini terjadi ketika Happy Salma bertemu dengan I Made Pada saat kegiatan adat di Bali. Sebagai bagian dari keluarga Puri Ubud yang memegang teguh nilai-nilai keluhuran tradisi.

"Keahlian teknik mengukir emas dan perak I Made Pada berkolaborasi dengan sentuhan kesegaran modern dan inspiratif, menciptakan karya-karya mumpuni dalam koleksi Ketenangan Jiwa, berupa 10 artwear brooch, sirkam, cuff dan anting dengan edisi terbatas," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, istri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Franka berharap Pustaka Tulola dapat terus berkontribusi secara berkelanjutan. Pustaka Tulola akan berlangsung setiap tahunnya dengan berkolaborasi bersama seniman mumpuni dari berbagai wilayah di Nusantara.

"Tidak hanya melestarikan budaya dan keterampilan para seniman mumpuni, namun juga memberikan napas baru melalui kolaborasi yang dilakukan bersama," kata Franka.

Secara khusus, tiga keris tangguh Kamardikan milik I Made Pada dihadirkan sebagai sumber inspirasi penciptaan. Pustaka Tulola 2022 mengahdirkan karya video dari Gusti Dibal Ranuh yang merekam secara puitik proses kreatif penciptaan karya sang mumpuni, I Made Pada.***

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Cara Gampang Atasi Demam Tanpa Minum Obat

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:09 WIB

Potensi Besar Pasar Skincare Lokal Ramah Lingkungan

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:39 WIB

Beragam Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:45 WIB

Makanan Dengan Sumber Protein yang Tinggi

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:20 WIB

Cara Gampang Atasi Susah Buang Air Besar

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:52 WIB
X