Peringati Hari Diabetes Nasional, Siloam Hospitals Sriwijaya Edukasi Fakta Terkini

- Rabu, 20 April 2022 | 23:30 WIB
Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Sriwijaya, dr. Ketherine Sp.PD. memberikan edukasi tentang penyakit diabetes (Dok. Siloam)
Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Sriwijaya, dr. Ketherine Sp.PD. memberikan edukasi tentang penyakit diabetes (Dok. Siloam)

PALEMBANG- Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) di dalam darah manusia.

Jika dibiarkan tidak diperiksa, diabetes dapat menyebabkan komplikasi serius dan dapat menyebabkan resiko kematian lebih cepat dari seharusnya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Sriwijaya, dr. Ketherine Sp.PD. mengatakan, diabetes adalah salah satu dari 8 penyakit utama yang mengakibatkan kematian pada orang dewasa.

Baca Juga: Harga Kebutuhan Pokok Masih Tinggi, Megawati: Jangan Cengeng Soal Kenaikan Harga!

Menderita diabetes memperbesar kemungkinan 2 kali lebih besar terkena serangan jantung.

"Pada usia dewasa, yaitu di antara usia 30 hingga 40 tahun, kami sarankan agar memulai kebiasaan deteksi dini guna mengetahui ada atau tidaknya faktor penyebab timbulnya diabetes", tutur dokter Ketherine dalam kesempatan edukasi bincang sehat guna memperingati Hari Diabetes Nasional.

Pada edukasinya tersebut dijelaskan pula bahwasanya diabetes adalah penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, amputasi tungkai bawah, dan beberapa akibat jangka panjang yang membuat mutu hidup menjadi lebih rendah.

Baca Juga: Ketika Mo Salah Koreksi Pernyataaan Yang Salah Sebut Soal MU

Dikesempatan berikutnya dijelaskan pula bahwa rumor yang menyatakan penderita diabetes harus melakukan diet khusus adalah informasi yang cukup menyesatkan

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beragam Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:45 WIB

Makanan Dengan Sumber Protein yang Tinggi

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:20 WIB

Cara Gampang Atasi Susah Buang Air Besar

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:52 WIB

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:00 WIB

Cegah Mommy Burnout Ala Hansaplast

Kamis, 29 Desember 2022 | 08:51 WIB
X