Yuk Intip Menu Spesial Lebaran Megawati

- Rabu, 4 Mei 2022 | 15:36 WIB
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri saat menerima kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam silaturahmi lebaran. (Media Ketua DPR)
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri saat menerima kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam silaturahmi lebaran. (Media Ketua DPR)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Rendang ayam rupanya menjadi menu makanan khusus bagi keluarga besar Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri. Dimana rendang ayam tersebut hanya disajikan Megawati hanya pada saat lebaran.

"Ibu saya itu pintar masak rendang ayam. Dan itu tradisi bagi keluarga. Rendang ayam itupun selalu dinanti oleh anak-anak dan cucunya," ungkap Ketua DPR RI Puan Maharani yang juga putri Megawati.

Puan menuturkan, menu spesial rendang ayam itu hanya dimasak satu tahun sekali. Puan pun lantas membagikan resep rendang ayam bikinan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu di akun instagram @puanmaharaniri.

"Wah, ternyata banyak yang menanyakan resep rendang ayam bikinan Ibu saya. Bagi yang penasaran, saya bisikin ya..," tulisnya.

Rupanya, resep rendang ayam bikinan Megawati itu adalah resep warisan dari kakek Puan, Soekarno. Resep itu juga sudah ditulis di buku Mustika Rasa, Resep Masakan Indonesia Warisan Soekarno.

Adapun bahan-bahannya adalah 1 kg daging ayam bistik (lulur dalam); 2 butir kelapa; 10 buah bawang merah; 6 siung bawang putih; 6 sdm cabai merah giling; 2 lembar daun kunyit; 2 biji kemiri; 1/2 ruas kunyit; 2 ruas laos; 3 sdm garam dan 2 ruas jahe.

Sedangkan cara membuat rendang ayam ala Megawati adalah cuci daging, potong persegi; giling halus bumbu, kecuali laos dan kunyit dan serai; parut kelapa, jadikan santan; didihkan kelapa dan bumbu bumbu dengan wajan.

Kemudian, masukkan daging; masak dengan api sedang, terus diaduk hingga air kering; kecilkan api, aduk terus dengan sodet. Angkat bila kering dan warna coklat kehitaman.

"Jangan lupa untuk langsung dicoba. Semoga berhasil," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Cokelat Colatta Luncurkan Kemasan Ekonomis dan Praktis

Jumat, 23 Desember 2022 | 19:07 WIB

Sedap, Icip-Icip Rasa Nasi Nusantara: Cerita Nasi IPB

Jumat, 23 Desember 2022 | 14:11 WIB

Es Krim Wall’s Raih Top Halal Award 2022

Kamis, 17 November 2022 | 15:48 WIB

Aice Luncurkan Es Krim Rendah Gula dan Lemak

Jumat, 11 November 2022 | 08:25 WIB

Simpel, Begini Cara Menyeduh Drip Peter Hari Coffee.

Selasa, 8 November 2022 | 19:38 WIB

Petrus Hariyanto Datang, Peter Hari Coffee Menjelang.

Minggu, 6 November 2022 | 21:00 WIB
X