Lampaui Target Kantong Darah, Rustam Effendi Apresiasi Pahlawan Kemanusiaan

- Rabu, 15 Juni 2022 | 10:55 WIB
Kegiatan Donor Darah (SM/Dok)
Kegiatan Donor Darah (SM/Dok)

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Rustam Effendi menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pahlawan kemanusiaan yang berpartisipasi dalam kegiatan “Ayo Donor Darah” yang diselenggarakan pada 9-10 Juni, untuk membangun kesadaran publik.

"Di DKI Jakarta, kami memerlukan 1.200 kantong darah setiap harinya, untuk kemudian didistribusikan ke 190 rumah-rumah sakit. Kegiatan ini sangatlah melengkapi kebutuhan harian kantong darah di Provinsi DKI Jakarta," ujar Rustam.

Kegiatan ini merupakan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada 14 Juni, ATALIAN Global Services Indonesia berkolaborasi dengan Cibis Park dan PMI Kota Jakarta Selatan.

Sebab, di Indonesia, transfusi darah terjadi setiap 8 detik, di mana terdapat lebih dari 12,3 juta kantong darah diperlukan selama tahun 2020. Jumlah ini terus bertambah setiap tahun, dan situasi pandemi Covid-19 kian mempersulit terpenuhinya kebutuhan kantong darah.

Kegiatan tersebut terbuka bagi semua karyawan ATALIAN Indonesia, karyawan dari berbagai perusahaan di kompleks perkantoran Cibis Park, dan masyarakat sekitar.

Dengan 250 calon pendonor yang terdaftar dan 192 kantong darah yang terkumpul, kegiatan ini berhasil melampaui target rata-rata pengumpulan kantong darah dalam dua hari.

Menambahkan dukungan kepada kegiatan donor darah ini, Walikota Jakarta Selatan, Munjirin, mengatakan dengan situasi yang sudah membaik dan masyarakat sudah terbiasa menjalankan protokol kesehatan.

"Kami ingin mendorong masyarakat agar tidak perlu khawatir ataupun takut untuk berinteraksi fisik khususnya dengan staf medis, saat ingin mendonorkan darahnya," kata Munjirin.

Chief Executive Officer of ATALIAN Global Services Indonesia, Jeffry Johary, mengemukakan sebagai pemain utama dalam industri manajemen fasilitas, pihaknya memiliki platform untuk meningkatkan kesadaran sekaligus menjawab keraguan mereka yang ingin mendonorkan darahnya, dengan memberikan contoh.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X