Siloam Hospitals Agora Edukasi Perbedaan dan Penanganan Nyeri Organ Dada, Antara GERD atau Jantung Tersumbat

- Jumat, 15 Juli 2022 | 13:10 WIB
Siloam Hospitals Agora (Dok. Siloam)
Siloam Hospitals Agora (Dok. Siloam)

JAKARTA- Nyeri pada dada kiri umumnya disebabkan oleh adanya penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah jantung atau adanya gejala GERD ( gastroesophageal reflux disease), yaitu suatu keadaan patologis akibat naiknya asam lambung yang mengisi suatu bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan kerongkongan dengan lambung (esofagus) dan sampai saluran nafas.

Pada kasus GERD, meski timbul rasa nyeri pada dada, kondisi ini tidak berdampak bahaya pada jantung, meskipun sama-sama menimbulkan sensasi perih atau nyeri dan tekanan di dada bahkan napas terasa berat. Namun, ada beberapa hal yang membuat keduanya berbeda.

Melalui bincang sehat pada aplikasi Live Instagram, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Agora, dr. Gerald Toreh Sp.PD., mengatakan, perbedaan yang paling mendasar antara GERD dengan serangan jantung adalah nyeri di dada akibat gerd biasanya disertai sensasi terbakar (heartburn) juga terasa lebih sakit ketika menarik napas.

Baca Juga: Siloam Hospitals Turut Berkurban dan Berbagi dengan Masyarakat Sekitar

Sedangkan nyeri dada yang merupakan gejala serangan jantung akan terasa seperti remasan, cubitan akan ada seperti tekanan (beban) yang sangat kuat.

"Dan kedua keluhan atau penyakit ini di rasakan di dada sebelah kiri penderita", tutur dr. Gerald Toreh Sp.PD., di Jakarta pada Rabu (13/7/2022).

Secara umum, GERD tidak juga menjadi pemicu serangan jantung apalagi menyebabkan kematian hanya rasa 'kurang nyaman' dan nyeri yang menggangu.

Baca Juga: Ronaldo Tolak Tawaran Senilai 300 juta euro atau Setara Rp4,5 triliun Untuk Bermain di Arab Saudi

Dan dari banyak jenis penyakit jantung yang mempunyai gejala menyerupai gerd adalah penyakit jantung koroner (PJK) yang dapat diartikan penyempitan (hambat) pembuluh darah arteri jantung yang dimana pembuluh darah tersebut befungsi sebagai penyuplai nutrisi dan oksigen.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemasan yang Tidak Mengandung BPA Belum Tentu Aman

Minggu, 5 Februari 2023 | 16:57 WIB

Cara Gampang Atasi Demam Tanpa Minum Obat

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:09 WIB

Beragam Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:45 WIB

Makanan Dengan Sumber Protein yang Tinggi

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:20 WIB

Cara Gampang Atasi Susah Buang Air Besar

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:52 WIB

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:00 WIB
X