Kampanye #AyoMinumBuah Budayakan Konsumsi Buah demi Dongkrak Daya Tahan Tubuh

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 21:58 WIB
Peluncuran kampanye #AyoMinumBuah, Kamis, 1 Agustus 2022. (Dokumentasi)
Peluncuran kampanye #AyoMinumBuah, Kamis, 1 Agustus 2022. (Dokumentasi)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com, PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui Buavita kembali mengedukasi dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi harian buah bagi kesehatan dan daya tahan tubuh melalui kampanye #AyoMinumBuah. Pesan ini selaras dengan upaya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus untuk menggiatkan konsumsi buah masyarakat Indonesia yang saat ini masih terbilang rendah, terlebih di tengah semakin maraknya risiko kesehatan yang mengintai.

Selama dua dekade terakhir, kemunculan penyakit infeksi baru berupa wabah penyakit menular terus meningkat signifikan, apalagi Indonesia merupakan salah satu ‘hotspot’ di Asia Tenggara dengan risiko pandemik penyakit infeksi baru. Para ahli bahkan memperkirakan lima penyakit baru pada manusia akan muncul setiap tahun, tiga diantaranya bersumber dari binatang atau bersifat zoonosis dengan risiko penularan yang sangat tinggi.

Head of Marketing Nutrition Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk. Ari Astuti, menyampaikan sejalan dengan pilar strategi ‘The Unilever Compass’, yaitu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Buavita dengan brand purpose ‘Delightful Nutrition, Powered by Fruits’ berkomitmen memberikan akses nutrisi buah kepada masyarakat dengan cara yang praktis dan menyegarkan. "Ini sekaligus menyuarakan pentingnya konsumsi buah demi tubuh yang lebih sehat dan hidup yang lebih berkualitas,” ungkapnya, Senin, 1 Agustus 2022.

Menurutnya, kekuatan buah bagi kesehatan dan daya tahan tubuh mendorong Buavita meluncurkan kampanye #AyoMinumBuah. Tujuannya, untuk mengedukasi mengenai proporsi konsumsi buah yang ideal kepada masyarakat sehingga mereka terdorong untuk melengkapi kebutuhan harian buah demi daya tahan tubuh yang lebih terjaga. "Salah satunya dibantu dengan minum jus buah setiap hari,” lanjut Ari Astuti yang akrab disapa Tutut.

Baca Juga: Masyarakat Diajak Dukung Ibu Beri ASI Eksklusif

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO menambahkan buah berfungsi penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun nyatanya, konsumsi buah masyarakat masih jauh dari cukup.

"Rata-rata konsumsi buah di Indonesia tahun 2020 baru mencapai 88,56 gram/kapita/hari, bahkan turun sebesar 1,4% dibanding 2019," sebutnya.

Menyikapi hal ini, pemerintah giat menyebarluaskan pedoman ‘Isi Piringku’ untuk mengedukasi tentang porsi buah yang ideal, yaitu 1/6 dari isi piring kita atau 2 sampai 3 porsi buah setiap harinya, yang salah satunya dapat dibantu dengan minum jus buah.

"Untuk itu, kami menyambut upaya pelaku industri untuk turut mendukung perubahan kebiasaan masyarakat menjadi lebih positif,” tambahnya.

Lebih lanjut, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK menerangkan, setiap orang memiliki sistem daya tahan tubuh yang berbeda, dipengaruhi oleh faktor genetik, usia, lingkungan atau kebersihan, hingga lifestyle – yaitu kegiatan fisik maupun asupan makanan.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Gigi Rapi Tanpa Behel bersama Klar Aligner

Kamis, 15 September 2022 | 14:46 WIB
X