Kirtania Wayang Kamasan Ingin Jadi Wadah Lestarikan Warisan Leluhur

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:36 WIB
Komang Kirtania, pendiri Kirtania Wayang Kamasan
Komang Kirtania, pendiri Kirtania Wayang Kamasan

KAMASAN, suaramerdeka-jakarta.com - Melestarikan warisan budaya merupakan tugas bagi seluruh lapisan masyarakat agar kebudayaan tidak terkikis dan dilupakan. Namun nyatanya, generasi muda banyak yang tidak tertarik untuk melanjutkan warisan budaya ini.

Berkaca dari permasalahan tersebut, seniman asal Bali Komang Kirtania mendirikan Kirtania Wayang Kamasan sebagai wadah untuk melestarikan lukisan wayang kamasan yang telah menjadi warisan turun temurun.

"Wayang kamasan ini merupakan warisan leluhur turun-temurun yang harus dijaga karena anak-anak muda banyak yang mulai tidak tertarik atau tidak berminat untuk menjadi pelukis. Kirtania melihat bahwa harus ada anak muda yang melihat peluang ini dengan memberikan tempat agar warisan budaya ini tetap terjaga dan ada regenerasi," ungkapnya di Desa Kamasan, Klungkung, Bali, Rabu 10 Agustus 2022.

Baca Juga: Lomba Lari SangiRun 2022, Dekatkan Warisan Budaya ke Masyarakat

Lebih lanjut, Komang bercerita kondisi saat ini bahwa jumlah pelukis awalnya berjumlah empat orang pada tahun 2017. Namun, saat ini sudah 18 orang yang bergabung dengan rentang usia 60-70 tahun.

Dia pun menambahkan bahwa awal mulanya para pelukis ini tidak mau untuk melakukan hal tersebut. Namun, lama-kelamaan karena melihat progres penjualan yang menjanjikan, mereka pun jadi tertarik.

"Produk lukisan yang kami hasilkan antara lain keben yang digunakan untuk upacara adat, kipas tangan untuk salon, totebag, dan suvenir dengan bahan baku dari bambu dari Kabupaten Bangli dan Kabupaten Buleleng," ujar Komang.

Baca Juga: Timnas Vietnam U-16 Lolos Final Piala AFF, Ingin Bertemu Indonesia Lagi?

Melukis wayang kamasang pun rupanya telah berubah dari masa ke masa. Dari dulunya menggunakan batu alam, saat ini menggunakan akrilik.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kata-Kata Bersahaja (3): Kahlil Gibran tentang Cinta

Selasa, 4 Oktober 2022 | 20:15 WIB

Mengenal Negara Jerman(1):Hazrina Puteri Nabilla

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:46 WIB

Kata-Kata Bersahaja (2): Lagi-lagi Cinta

Senin, 3 Oktober 2022 | 19:02 WIB

Kata-Kata Bersahaja (1): Tentang Cinta

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:37 WIB

Weidenmann Meriahkan Ajang Bergengsi Cyberpunk Animatrix

Sabtu, 10 September 2022 | 07:33 WIB

Ini Susunan Pengurus Baru The Lavande Residences

Senin, 29 Agustus 2022 | 15:24 WIB
X