Jangan Sepelekan Keluhan Nyeri di Punggung Bawah dan Lutut

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:45 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Keluhan nyeri di bagian punggung bawah dan lutut, terutama di kalangan dewasa sebaiknya mendapatkan atensi. Abai, aktivitas sehari-hari bisa terganggu termasuk produktivitas.

"Di atas 35 tahun bagi perempuan, sedangkan di atas 40 tahun bagi laki-laki merupakan puncak masa tulang, sehingga apa yang berubah, apa yang perlu dijaga mesti mulai diperhatikan," jelas dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi RS Edelweiss Bandung, dr Dadang Rukanta Suryahadimaja pada giat Edelweiss Health Festival di Atrium TSM, Jumat (12/8/2022).

Hal itu, katanya, berkaitan pula dengan sejumlah aktivitas yang dilakukan. Di antaranya seperti berkerja di depan komputer, apalagi dengan dudukan tak stabil, beresiko memberikan strain (cedera otot atau urat) pada punggung 3-4 kali lipat.

Merujuk pada kasus di Amerika, dia menyebut bahwa 80 persen penduduk pernah mengalami keluhan nyeri punggung bawah dan sebagian besar pekerja. Biaya pengobatannya pun tak main-main mencapai Rp 700 triliun.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Nyeri Kepala dan Leher, Ini Saran & Penanganan oleh Dokter Spesialis Bedah Saraf di MRCCC

"Sebenarnya ini mudah diobati tapi jangan sampai telat, bahaya. Untuk pengobatannya sendiri mulai dari obat-obatan, fisioterapi, hingga penggunaan teknologi," katanya.

Rumah sakit pun menyediakan paint center. Dengan pendekatan tak hanya kepada gejalanya saja (simpton) tapi juga mencari generatornya, pemicu utamanya sehingga keluhan itu muncul. "Tapi tak selalu operasi, banyak pendekatannya," jelas Dadang Rukanta.

Lebih dari itu, dia menyebut pencegahan merupakan opsi yang terbaik. Masyarakat jangan sampai cuek dengan alarm yang dimunculkan dari tubuh. Seperti rematik misalnya, baginya bisa saja itu ibarat pohon besar adanya radang persendian.

Baca Juga: Obati Sakit Mag Dengan Menyenangkan

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gigi Rapi Tanpa Behel bersama Klar Aligner

Kamis, 15 September 2022 | 14:46 WIB
X