Berbagi Masa Depan Lewat Festival Tahunan Bintaro Design District

- Kamis, 15 September 2022 | 14:22 WIB
Gelaran Bintaro Design District di kawasan Bintaro mulai 14 September 2022 sampai 24 September 2022. (Dokumentasi)
Gelaran Bintaro Design District di kawasan Bintaro mulai 14 September 2022 sampai 24 September 2022. (Dokumentasi)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com, Bintaro Design District kembali menggelar event Annual Festival Design yang tersebar di beberapa titik sekitar Bintaro, Tangerang Selatan mulai dari Graha Paramitha II, Great Bintaro, BSD dan Serpong. Event dalam bentuk kolateral dan swadaya ini mengambil tema 'Berbagi Masa Depan' dalam hal ini bagaimana kehidupan pascapandemi dikemas dalam desain.

"Kita berpikir maju tapi ada Covid-19 dan ternyata tema ini relevan saat ini, bagaimana bangkit dari segala hal dan berpikir maju. Hidup kita akan berubah dan berpikir untuk hidup yang lebih baik seperti apa," kata salah satu kurator BDD Budi Pradono di Jakarta, Rabu, 14 September 2022.

Menurutnya, di era postpandemi, ada banyak kebiasaan yang berubah. Salah satunya adalah cara orang bekerja yang kini tidak sepenuhnya berada di kantor.
"Karena sekarang ada WFH (work from home) orang mulai cari tempat tinggal di daerah sub-urban," tambahnya.

BDD pertama kalinya diadakan di tahun 2019 dengan jumlah peserta pameran yakni 70 desainer dan kelompok desainer. Baik itu arsitek, interior, dkv/ grafis, fotografer, film, maupun musik. Pada Tahun 2019 Bintaro Design Distrik telah memecahkan rekor karena menyelenggarakan acara BDD selama 10 hari dengan 116 acara. Acara ini juga sukses mendapatkan predikat Good Design Indonesia dari Kementerian Perdagangan.

Sayangnya, pandemi yang terjadi sejak awal 2020 telah membuat acara BDD lanjutan tertunda. Akhirnya, acara BDD ketiga yang seharusnya 2020 baru terselenggara mulai 14 September 2022 sampai 24 September 2022.

Budi menambahkan pihaknya tidak menargetkan jumlah pengunjung pada tahun ini. Adapun jumlah pengunjung BDD terbanyak terjadi pada gelaran BDD kedua dengan jumlah 10 ribu pengunjung.

Wakil Walikota Tangerang Selatan Pilar Saga yang membuka acara tersebut mengaku senang Tangsel telah menjadi tuan rumah gelaran BDD.

"Ada 90 kontributor atau artis yang menampilkan desainnya, BDD ini sebuah potensi harta berharga buat masyarakat Tangsel karena markasnya di Tangsel, kebermanfaatan untuk masyarakat umum dan industri desain," ujarnya.

BDD telah diinisiasi oleh para arsitek yakni Hermawan Tanzil (Le.Bo.Ye), Andra Matin (Andra Matin Architecture), Budi Pradono (Budi Pradono Architecture), dan Danny Wicaksono (Studio Dasar).

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Faber-Castell Gelar "Colour to Life Competition 2022"

Senin, 21 November 2022 | 21:47 WIB

KAJI Apresiasi Jababeka Wujudkan Sakura Matsuri

Sabtu, 5 November 2022 | 21:09 WIB

Asix nya One Family,Tema Hari Jadi ke 6 Tosca

Senin, 31 Oktober 2022 | 16:19 WIB
X