KAJI Apresiasi Jababeka Wujudkan Sakura Matsuri

- Sabtu, 5 November 2022 | 21:09 WIB
Festival Sakura Matsuri 2022 (SM/Prajtna Lydiasari)
Festival Sakura Matsuri 2022 (SM/Prajtna Lydiasari)

CIKARANG, suaramerdeka-jakarta.com - Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI) mengapresiasi upaya Jababeka dan seluruh pihak terkait untuk mewujudkan Sakura Matsuri tahun ini. Festival kebudayaan Jepang Indonesia bertajuk "Indonesia-Jepang Maju Bersama!".

Sakura Matsuri yang diadakan selama dua hari, yakni 5-6 November 2022 di Hollywood Junction Jababeka, Cikarang telah menjadi kegiatan yang dinanti-nanti setiap tahunnya.

Fuad A. Kadir. Chairman, KAJI menyampaikan tak hanya didukung dengan lingkungan yang nyaman namun keberadaan ekosistem dan komunitas yang lengkap menjadi alasan kami bekerja sama dengan Jababeka.

"Kami berharap Sakura Matsuri yang telah dimulai dari tahun 2012 ini akan menjadi agenda rutin serta dapat memperat hubungan baik antara Jepang dan Indonesia," ujar Fuad di Hollywood Junction Jababeka, Cikarang pada Sabtu, 5 November 2022.

Melihat euforia Sakura Matsuri 2022 hari ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna dan perwakilan Ridwan Kamil, Andrie Kustria Wardana selaku Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mengusulkan Sakura Matsuri dapat dijadikan salah satu acara dalam kalender pariwisata Provinsi Jawa Barat.

"Silahkan untuk dimasukkan ke kalender acara 2023, kami tunggu dokumennya agar dapat kami usulkan jadi kegiatan tahunan," kata Andrie.

Ia juga menilai forum ini dapat menjembatani target pemerintah daerah Jawa Barat untuk mendatangkan 33.000 wisatawan mancanegara di tahun 2022 serta mempromosikan ekonomi kreatif Jawa Barat dengan tiga prioritas subsektor yaitu kuliner, fesyen, dan kriya.

Managing Director Jababeka Residence, Marcus Lee menjelaskan bahwa hubungan Jababeka baik dengan perusahaan atau komunitas Jepang semakin erat seiring bertambahnya waktu.

Lebih dari 33 tahun Jababeka hadir dan menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 perusahaan serta 10.000 ekspatriat dari beragam negara salah satunya Jepang.

"Jababeka terus berkomitmen untuk mewujudkan kenyamanan bagi seluruh komunitas, termasuk para ekspatriat di kawasan dengan kesinambungan aspek Live, Work, and Play," jelas Marcus Lee.

Dirinya menambahkan bahwa Sakura Matsuri menjadi salah satu sarana yang tepat untuk mewujudkan misi ini, tidak sekedar menjadi acara hiburan, tapi juga dapat membuka wawasan baru mengenai budaya Jepang bagi masyarakat lokal.

Pada perhelatan Sakura Matsuri ke-9 ini, para pecinta budaya Jepang modern dimanjakan dengan penampilan grup band tersohor yaitu J-Rock, Taiko Benten, Shojo Complex, Rei Farah, Jakarta Keion Club, Cikarang Keion Club, Jakarta Galaxy Big Band Jazz Orchestra, Lusca, Ren-Ai Ft.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Tantangan Dunia Perbukuan di Era Digitalisasi

Kamis, 12 Januari 2023 | 09:17 WIB

Faber-Castell Gelar "Colour to Life Competition 2022"

Senin, 21 November 2022 | 21:47 WIB
X