Petrus Hariyanto Datang, Peter Hari Coffee Menjelang.

- Minggu, 6 November 2022 | 21:00 WIB
Petrus Hariyanto melakukan syukuran rilis Peter Hari Coffee. (Istimewa )
Petrus Hariyanto melakukan syukuran rilis Peter Hari Coffee. (Istimewa )

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Indonesia adalah salah satu negara dengan konsumsi kopi terbesar menurut United States Department of Agriculture Foreign Agricultural Service dalam laporannya “Coffee: World Markets and Trade”, Indonesia menempati urutan ke-6 negara-negara peminum kopi di luar Uni-Eropa.

Konsumsi dunia secara umum juga meningkat apalagi pada masa pandemic. Indonesia juga adalah produsen kopi terbesar di dunia dengan angka produksi 10,5 juta karung kopi (Berat satu karung adalah 60 kilogram) Meskipun dalam volume dan nilai masih lebih rendah dari tahun 2013, Industri kopi Indonesia menuju arah kenaikan sejak 2018.

Baca Juga: Polri, Sampai Kapan Kau Terus Merendahkan Dirimu Sendiri?.

Pertumbuhan ini menggembirakan bagi para pedagang kopi tetapi tidak bagi petani atau pekebun kopi. Petani kopi belum dapat menikmati kenaikan harga kopi karena tekanan harga dari pedagang yang ingin mendapatkan harga semurah-murahnya dari petani kopi.

Para petani tidak dapat lepas dari sistim perdagangan yang tidak adil itu karena belum ada alternatif sistim lain yang lebih baik di tengah-tengah mereka. Keadaan ini menyebabkan pertumbuhan industri kopi yang cenderung meningkat tidak serta merta mengangkat secara signifikan derajat kesejahteraan pekebun kopi.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Kekuasaan.

Petrus Hariyanto, salah seorang penyintas gagal ginjal dan aktivis demokrasi 1990, merasa penting untuk memperkuat lagi gagasan untuk menjembatani ekonomi perdagangan yang lebih adil antara produsen di wilayah pedesaan dengan konsumen di perkotaan.

Petrus merasa inisiatif ini harus segera dimulai dan tidak perlu menunggu uluran tangan dari negara. Setiap warga negara yang memiliki kemandirian dalam gagasan dan tindakan politik adalah modal awal minimal yang cukup untuk memulai gerakan tersebut secara partisipatoris bersama dengan warga yang lain.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Wajah Kepolisian Kita

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cokelat Colatta Luncurkan Kemasan Ekonomis dan Praktis

Jumat, 23 Desember 2022 | 19:07 WIB

Sedap, Icip-Icip Rasa Nasi Nusantara: Cerita Nasi IPB

Jumat, 23 Desember 2022 | 14:11 WIB

Es Krim Wall’s Raih Top Halal Award 2022

Kamis, 17 November 2022 | 15:48 WIB

Aice Luncurkan Es Krim Rendah Gula dan Lemak

Jumat, 11 November 2022 | 08:25 WIB

Simpel, Begini Cara Menyeduh Drip Peter Hari Coffee.

Selasa, 8 November 2022 | 19:38 WIB

Petrus Hariyanto Datang, Peter Hari Coffee Menjelang.

Minggu, 6 November 2022 | 21:00 WIB
X