November Jadi Momentum Pengingat Kanker Paru, Simak Edukasi Efektif dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi

- Rabu, 9 November 2022 | 20:55 WIB
Dokter Spesialis Paru-paru dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Dr. dr. Achmad Mulawarman J, Sp.P(K) (Humas Siloam)
Dokter Spesialis Paru-paru dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Dr. dr. Achmad Mulawarman J, Sp.P(K) (Humas Siloam)

JAKARTA- Penyakit kanker paru-paru adalah suatu kondisi ketika sel atau jaringan dari lapisan saluran nafas telah berubah menjadi sangat besar dan memperbanyak diri sehingga menyebabkan gangguan fungsi dari paru sebagai organ pertukaran udara di dalam tubuh.

Karenanya sangat penting untuk mengetahui penyebab kanker paru sekaligus mewaspadai gejala kanker paru dan menghindarinya bagi masyarakat yang mencintai hidup sehat.

Selain disebabkan oleh kebiasaan merokok aktif ataupun pasif yaitu terpapar senyawa beracun dari asap rokok atau zat kimia aktif dari lingkungan sekitar, timbulnya kanker paru dapat disebabkan oleh riwayat keluarga penderita kanker paru.

Baca Juga: Pengamanan KTT G20, Polri Terjunkan Patroli Berkuda

Di Stadium awal, penyakit ini tidak memiliki gejala, namun keluhan dan rasa sakit mulai timbul saat sel kanker paru mulai bertambah besar dan menyebar di jaringan organ paru dan sekitarnya yang ditandai dengan batuk kronis, batuk berdarah, nyeri dada dan penurunan berat badan secara signifikan.

Secara global, kanker paru merupakan penyebab pertama kematian akibat kanker pada pria dan penyebab kedua kematian akibat kanker pada wanita.

Kanker paru-paru menempati urutan ke tiga kasus terbanyak yaitu 8,8 persen setelah kanker payudara (16,6 persen) dan kanker serviks (9,2 persen).

Baca Juga: Pertemuan Parlemen Indonesia - Korea Selatan Cermin Hubungan Kedua Negara

November sebagai bulan kesadaran masyarakat akan momentum tentang penyakit kanker paru-paru, tim dokter spesialis penyakit kanker dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi turut mengingatkan agar masyarakat senantiasa rutin melakukan hidup sehat dan deteksi dini akan penyakit kanker meskipun penyakit ini dapat diobati dan dapat disembuhkan dengan menyesuaikan tingkat stadium yang dialami penderita.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Gampang Atasi Demam Tanpa Minum Obat

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:09 WIB

Beragam Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:45 WIB

Makanan Dengan Sumber Protein yang Tinggi

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:20 WIB

Cara Gampang Atasi Susah Buang Air Besar

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:52 WIB

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:00 WIB
X