Mendorong Peningkatan Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat

- Minggu, 13 November 2022 | 14:17 WIB
Sesi diskusi  Festival Taman Baca dan Komunitas Literasi.
Sesi diskusi Festival Taman Baca dan Komunitas Literasi.

JAKARTA - Berbagai kegiatan menarik digelar dalam acara Festival Taman Baca dan Komunitas Literasi yang diselenggarakan di Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, 10-13 November 2022. Salah satunya diskusi tentang proses kreatif menulis, serta diskusi tentang membangun kemitraan dan program berkelanjutan untuk kemajuan literasi di tanah air.

Dalam diskusi bertema penulisan kreatif, menampilkan penulis dan editor di Gramedia Writing Project, Adrindia Ryandisza, dan Ketua Taman Bacaan Masyarakat (TBM) DKI Jakarta, Yudy Hartanto yang dipandu pendiri TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih.

Dalam kesempatan itu, Adrin memberikan tips bagi calon penulis atau para penulis yang sedang dalam proses, antara lain, perkuat niat dan komitmen untuk menulis serta perbanyak bacaan untuk menambah banyak referensi kosakata dan gaya bercerita.

"Untuk menghasilkan karya, mulailah dengan ide-ide yang sederhana, ide yang dikuasai dan disukai agar lebih mudah dalam mengeksekusi cerita. Lakukan riset agar ceritamu semakin dekat dengan pembaca. Meskipun penulisan kreatif lebih bersifat imajinatif, tapi tetap perlu riset agar karyamu dapat dipercaya oleh pembaca. Dan swasunting sangat penting untuk tulisanmu," papar Adrin.

Dalam diskusi ini juga diluncurkan Klub Penulisan Forum TBM DKI dan Gramedia Writing Project (GWP). GWP merupakan wadah untuk siapa saja yang ingin membagikan hasil tulisannya. Selain dapat mengunggah naskah, anggota juga dapat membaca hasil tulisan anggota lainnya dan saling memberikan apresiasi.

"Hasil tulisan akan ditayangkan dalam bentuk per bab. Di Gramedia Writing Project, anggota punya kesempatan untuk menerbitkan hasil tulisannya dalam bentuk buku cetak maupun digital (e-book) melalui penerbit-penerbit di Gramedia,” katanya.

Sementara pada sesi diskusi "Kemitraan dan Program Berkelanjutan", Ketua Forum TBM Provinsi DKI Jakarta, Yudy Hartanto mengatakan, acara ini sebagai upaya mendorong peningkatan kapasitas pengelola TBM.

“Ini merupakan upaya forum TBM DKI dalam mendukung akses bahan bacaan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat melalui dukungan pemerintah, swasta dan pegiat literasi. Karena gerakan literasi harus tetap terjaga," katanya.

Kurnia Nugraha, Head of Media Relation JNE, sebagai salah satu mitra TBM mengatakan, pihaknya memiliki komitmen dalam akses pendidikan melalui pengiriman buku-buku dan alat sekolah secara gratis, sejak 2021.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Tantangan Dunia Perbukuan di Era Digitalisasi

Kamis, 12 Januari 2023 | 09:17 WIB

Faber-Castell Gelar "Colour to Life Competition 2022"

Senin, 21 November 2022 | 21:47 WIB
X