Jurang Komunikasi Akibatkan Rentannya Konflik

- Senin, 5 Desember 2022 | 19:30 WIB

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com - Berdasarkan data dari Indonesia Millenial Report 2022 dan Indonesia Gen Z Report 2022 yang dikeluarkan oleh IDN Research Institute menemukan bahwa kedua kelompok umur (millennial adalah penduduk kelahiran antara 1981-1996 dan Gen Z adalah penduduk kelahiran tahun 1997-2012) ini rata-rata menghabiskan rata-rata 1 hingga 3 jam sehari untuk melakukan aktivitas di sosial media. 

 
Hal ini mengakibatkan teguran, sapaan dan senyum berganti menjadi emoticon sehingga mengurangi sentuhan personal dalam berkomunikasi, yang secara tidak langsung mempengaruhi kualitas hubungan antar sesama. Disisi lain, masyarakat juga telah dihadapkan oleh beberapa peristiwa pandemi dan krisis global yang memberikan dampak terhadap perubahan gaya hidup seperti kesenjangan sosial.
 
Menurut Founder & Ceo Talkinc Erwin Parengkuan, ketidakmampuan seseorang untuk membangun relasi dengan orang lain, tekanan hidup yang semakin berat dan menantang membuat manusia kemudian menjadi egosentris dan sulit membangun hubungan dengan orang lain, ditambah pengaruh media sosial yang membuat semakin terkotak-kotak, lebih berkelompok, acuh kepada orang lain bahkan mendadak menjadi social justice warrior. 
 
"Hidup kemudian semakin tidak nyaman ditambah ketidakmampuan dalam berkomunikasi yang merupakan faktor mendasar dalam membangun hubungan yang berarti," ujar Erwin. 
 
Dia menilai, semakin besar jurang komunikasi yang terjadi saat ini, mengakibatkan rentannya konflik muncul yang berakibat setiap orang dalam satu organisasi tidak dapat berkolaborasi dengan maksimal. Untuk itu TALKINC berkomitmen selalu menyebarluaskan "virus komunikasi" baik dari sisi pengalaman dan ilmu dalam mendukung kemampuan setiap pribadi untuk dapat terus berkomunikasi dengan tepat, relevan, serta memiliki respek kepada setiap orang yang mereka ajak bicara. 
 
Erwin menambahkan, bersama Katatalkinc yang merupakan platform digital terbaru khusus diluncurkan untuk memperluas pendidikan di segala aspek dalam membentuk mentalitas diri dan menjadi manusia yang utuh untuk terus dapat berkontribusi baik, dalam program tersebut 18 fasilitator TALKINC akan berbagi tentang bagaimana menjadi pribadi yang terus mengembangkan “Act of Kindness” dalam konteks komunikasi. Rangkaian konten tersebut akan membahas tentang Emotional Intellegence, Growth Mindset, Becoming an Ambivert, Influential Communication, Generation Gapless, Leadership Communication, dan lain-lain. 
 
"Konten tersebut akan mulai ditayangkan di kanal Youtube KATATALKINC dari tanggal 26 November hingga 30 Desember 2022," ujar Erwin. 

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Kemasan yang Tidak Mengandung BPA Belum Tentu Aman

Minggu, 5 Februari 2023 | 16:57 WIB

Ternyata Daun Suji Memiliki Khasiat Untuk Kesehatan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:23 WIB

Gaya Hidup Sehat ala Wulan Guritno

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:14 WIB

Cara Gampang Atasi Demam Tanpa Minum Obat

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:09 WIB

Potensi Besar Pasar Skincare Lokal Ramah Lingkungan

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:39 WIB
X