Akmal Nasery Basral Datang, Sabai Sunwoo Menjelang

- Senin, 17 Januari 2022 | 16:01 WIB
Sabai 선우 (baca: Sabai Sunwoo (Istimewa)
Sabai 선우 (baca: Sabai Sunwoo (Istimewa)

 

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Sastrawan Akmal Nasery Basral meluncurkan novel terbaru berjudul Sabai 선우 (baca: Sabai Sunwoo) di bulan pertama tahun 2022. Novel ini adalah sekuel dari novel Dayon yang diluncurkan pada pertengahan tahun silam dan didaku mendapat sambutan hangat dari para pecinta Sastra Indonesia.

“Dayon lebih dari sekadar novel. Dia menggambarkan gejolak psikologis, sosiologis dan antropologis anak bangsa di tengah perubahan disruptif. Bacaan wajib yang reflektif dan kaya perspektif,” tulis Prof. Dr. Azyumardi Azra, CBE, dalam testimoninya pada sampul novel.

Dayon mengisahkan kehidupan pemuda bernama Jems Boyon asal Kapau, Sumatra Barat, sejak lahir dan menghabiskan masa kanak-kanak di kampung halamannya. Sebelum melanjutkan SMA di Bukittinggi dan kuliah perfilman di Jakarta, untuk mengejar impian sebagai sutradara.

Baca Juga: Anies Baswedan Ambil Tanggung Jawab Kesehatan Remy Sylado

Sebelum bertemu dengan seorang model peranakan Minang-Korea bernama Sabai Rangkayo Sunwoo, maka dalam Sabai 선우 fokus kisah menyangkut kehidupan sang model yang lahir dan menghabiskan masa kanak-kanak di Seoul, Korea Selatan, sebelum pindah ke Jakarta di pertengahan tahun 90-an.

Begitu pindah ke Jakarta—bersama sang ibunya yang berpisah dengan ayahnya, profesor ekonomi terkemuka yang kelak menjadi Duta Besar Korea Selatan di Swiss—Sabai tinggal di sebuah perkampungan padat penduduk di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Dari seorang ABG korban broken home, nasib Sabai berubah drastis ketika seorang pemandu bakat dari sebuah modeling agency mengorbitkannya sebagai wajah baru dalam dunia model Indonesia.

RemyBaca Juga: Sakramen Untuk Mas Remy Sylado

Popularitasnya terus berkibar sehingga pada saat kawan seumurannya menghabiskan waktu di SMA, Sabai sudah menjadi model profesional yang bermukim di Singapura, menjalani dunia pendidikan melalui homeschooling.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mudji Sutrisno: Amrih Mulya Asma Dalem Gusti.

Sabtu, 31 Desember 2022 | 10:10 WIB

Estetika Ted van der Hulst di Museum ARMA.

Senin, 26 Desember 2022 | 06:37 WIB

Made Kaek Datang, Chiang Mai Guncang.

Sabtu, 12 November 2022 | 22:40 WIB

Penyair Tua Membaca Batin Rohani Melalui Karya Puisi

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 07:21 WIB

Mengenalkan Bahasa Inggris Lewat Cerita Rakyat

Minggu, 16 Oktober 2022 | 13:02 WIB

Festival Seni Bali Jani Dimulai Hari Ini.

Senin, 10 Oktober 2022 | 06:27 WIB
X