Nina Nugroho Solutin #akuberdaya : Sinta Ridwan Berbagi Ilmu di Jalan Sepi

- Jumat, 4 Februari 2022 | 11:47 WIB
Nina Nugroho Solutin #akuberdaya menghadirkan Nina Nugroho sebagai host dan Sinta Ridwan sebagai narasumber.  Bertajuk  'Cerita Perempuan Dibalik Aksara Kuna' (dok Nina Nugroho)
Nina Nugroho Solutin #akuberdaya menghadirkan Nina Nugroho sebagai host dan Sinta Ridwan sebagai narasumber. Bertajuk 'Cerita Perempuan Dibalik Aksara Kuna' (dok Nina Nugroho)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Orang yang mengambil profesi sebagai filolog, mempelajari filologi dan epigrafi, sering disebut berada di jalan yang sepi.

Tak mau sendiri di jalan sepi, sebagai filolog Sinta Ridwan memilih membagikan ilmunya kepada masyarakat dengan jalan kekinian.

Mengajak masyarakat menengok ke masa lalu melalui filologi, Sinta Ridwan ingin menggugah kesadaran, terutama anak muda, mengenai pentingnya mengenal masa lalu.

‘Tan hana nguni, tan hana mangke’ (Jika tidak ada masa lalu, tidak akan ada masa sekarang dan masa depan).

Kalimat dalam bahasa sansekerta yang sarat makna ini, yang kerap kita temui pada naskah-naskah kuno pada  saat  berkunjung ke museum, inilah yang menjadi dasar bagi Sinta Ridwan untuk bergerak berbagi ilmu.

Baca Juga: Ustazah Oki Setiana Dewi Minta Maaf Usai Ceramah Terkait KDRT Dikecam Warganet

Kalau direnungkan lebih dalam lagi,  dari naskah-naskah kuno tersebut, banyak sekali catatan-catatan peradaban di masa lalu, gambaran gaya hidup, konten-konten sastra masa lalu hingga  pepatah petitih yang bisa dijadikan  sebagai pedoman kehidupan di masa sekarang.

Hal ini diungkapkan Sinta Ridwan, seorang Filolog perempuan pada acara Live IG Nina Nugroho Solution #akuberdaya bertajuk ‘Cerita Perempuan di Balik Aksara Kuna’, baru-baru ini.

Dikatakan kandidat doktor di bidang arkeologi ini, filologi adalah ilmu yang meneliti manuskrip-manuskrip sastra kuna (kuno)  dari jaman tahun 1300-an silam, namun ada pula yang memiliki rentang usia 50 tahun dari sekarang.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mudji Sutrisno: Amrih Mulya Asma Dalem Gusti.

Sabtu, 31 Desember 2022 | 10:10 WIB

Estetika Ted van der Hulst di Museum ARMA.

Senin, 26 Desember 2022 | 06:37 WIB

Made Kaek Datang, Chiang Mai Guncang.

Sabtu, 12 November 2022 | 22:40 WIB

Penyair Tua Membaca Batin Rohani Melalui Karya Puisi

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 07:21 WIB

Mengenalkan Bahasa Inggris Lewat Cerita Rakyat

Minggu, 16 Oktober 2022 | 13:02 WIB

Festival Seni Bali Jani Dimulai Hari Ini.

Senin, 10 Oktober 2022 | 06:27 WIB
X