Lagi Viral di Tiktok Lagu Aceh Kuno 'Kutidhieng', ini Lirik, Arti dan Maknanya

- Rabu, 16 Maret 2022 | 08:00 WIB
Lagu asal Nangroe Aceh Darussalam ' Kutidhieng' yang dinyanyikan Liza Aulia asal Nangroe Aceh Darussalam viral di Tiktok untuk dijadikan backsound. (Screenshoot Channel Youtube Kasga Record)
Lagu asal Nangroe Aceh Darussalam ' Kutidhieng' yang dinyanyikan Liza Aulia asal Nangroe Aceh Darussalam viral di Tiktok untuk dijadikan backsound. (Screenshoot Channel Youtube Kasga Record)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Tidak ada habis habisnya para konten kreator Tiktok mengangkat lagu lagu daerah untuk dijadikan backsound yang viral digunakan Tiktokers.

Lagu asal Nangroe Aceh Darussalam
' Kutidhieng' yang dinyanyikan Liza Aulia  viral di Tiktok untuk dijadikan backsound.

Bahkan akun tiktok @yi jia shiwu masuk Fyp (trending) karena memasukkan lagu Kutidhieng sebagai backsound. Terlihat dua gadis diperkirakan asal tibet atau nepal(?) Fasih menyanyikan Kuthidieng dengan latar alam yang indah.

Syair Kutidhieng yang begitu etnik dan misterius ini sering digunakan sebagai latar musik para tiktokers untuk berjoget dengan kombinasi musik dj remix.

Baca Juga: Lagu 'Ketulusan Hati' Ryan Hidayat Lagi Viral di Tiktok, Ini Liriknya

Diketahui lagu Kutidhieng berisikan mantra untuk memanggil “rimeung aulia” (Harimau Aulia) pada zaman Aceh kuno.

Dilansir dari tengkuputeh.com, Syair kutindhieng terdengar begitu etnik dan misterius ketika dinyanyikan dalam bentuk lagu, pengucapan sudah tidak dikenali lagi oleh orang Aceh zaman sekarang.

Berdasarkan bentuk dan cirinya bahkan mantra Kutindhieng ini berasal dari masa pra-animisme ketika manusia mempercayai adanya sebuah kekuatan sakti didalam sebuah gejala peristiwa seperti Guntur/petir, batu dan pohon besar, bahkan harimau yang dianggap memiliki kesaktian.

Sementara itu sang penyanyi Liza Aulia via kolom komentar di Channel Youtube Kasga Record mengatakan "Karya yang saya nyanyikan ini merupakan karya yang dihasilkan melalui proses penelitian dan kajian ilmiah yang dikerjakan oleh tim proyek Meuligoe, saya bangga menyanyikan lagu ini"

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Digital Entertainment Optimalkan Karya Musisi

Kamis, 22 September 2022 | 13:32 WIB

IM3 Persembahkan Festival Musik Pestapora

Selasa, 20 September 2022 | 13:28 WIB

Sarah Widi dan Yesi Bintank Kolaborasi

Senin, 12 September 2022 | 07:17 WIB

Denny Caknan Datang, Konser Eksklusif Menjelang

Minggu, 11 September 2022 | 06:30 WIB

Awas, SamSonS Datang

Kamis, 8 September 2022 | 14:40 WIB

Sambut Tiga Dekade JCC, Chrisye Hadir secara Live JCC

Selasa, 6 September 2022 | 22:07 WIB
X