Ketua MPR RI Apresiasi Pameran Lukisan Ireng Halimun

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:28 WIB
Ketua MPR RI dan Ireng Halimun (Istimewa )
Ketua MPR RI dan Ireng Halimun (Istimewa )

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com, - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi pameran seni lukis karya Ireng Halimun, bertajuk 'Langkah 5inga 7antan'.

Eksistensi Ireng dalam dunia seni lukis tidak hadir dari ruang hampa, melainkan dibentuk dan ditempa oleh latar belakang akademis dan pengalaman kehidupan. Ketertarikan Ireng pada seni sastra dan seni musik, semakin memperkaya karakter dan sosok Ireng sebagai seorang pelukis.

Baca Juga: Film Pesantren; Open Mind For a Different Views.

"Jiwa dan kreativitas seni Ireng Halimun yang terus mengalir dari waktu ke watu seiring lini masa, ibarat oase yang tidak pernah kering dalam memberi warna dunia seni rupa tanah air. Ini selaras dengan filososi yang dianut Ireng, bahwa 'berkesenian' adalah 'bergerak'. Dan penyelenggaraan pameran lukisan, adalah salah satu wujud manifestasi nyata dari 'gerak kehidupan' karya seni," ujar Bamsoet saat membuka pameran seni lukis karya Ireng Halimun 'Langkah 5inga 7antan' di Balai Budaya, Jakarta, Jumat (12/8/22).

Ketua DPR RI ke-20 sekaligus mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini sepakat dengan visi Ireng tentang seni, bahwa berkesenian bukanlah sekadar suatu pilihan, tetapi suatu kebutuhan.

Baca Juga: Muhaimin Iskandar Akan Wajibkan Presiden Nonton Film Pesantren.

Karena sebagai kebutuhan, maka di dalam berkesenian yang dikedepankan adalah afeksi (kecintaan) terhadap apa yang dilakukan.

"Kita bersyukur bahwa saat ini dunia seni rupa di tanah air sudah mengalami kemajuan yang pesat. Begitu banyak kreativitas seni rupa yang terlahir dalam beragam gaya, corak, dan pilihan objek. Kemajuan ini harus kita pandang sebagai bagian dari kemajuan kebudayaan bangsa kita pada umumnya," kata Bamsoet.

Ketua MPR RI dan Ireng Halimun (Istimewa )

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Terkini

Ini Makna Kebaya dan Batik yang Dipakai Puan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:41 WIB

Kekayaanku Hanya Buku dan Bunga

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:33 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Pameran Lukisan Ireng Halimun

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:28 WIB
X