U2 Hampir Bubar Karena Krisis Spiritual

- Jumat, 14 Oktober 2022 | 21:30 WIB
Kelompok musik U2 (Sumber: Youtube)
Kelompok musik U2 (Sumber: Youtube)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Bono U2 mengungkapkan bahwa grup musik itu ternyata pernah nyaris bubar. Dalam wawancara dengan jurnalis David Remnick saat Festival New Yorker beberapa waktu yang lalu, Bono menyampaikan hal itu ketika mengupas memoarnya Surrender: 40 Songs, One Story yang segera terbit.

Saat itu David Remnick bertanya kepada Bono mengenai David “The Edge” Evans, gitaris dan vokalis latar U2, yang kabarnya pernah mengalami krisis spiritual dan hendak hengkang dari U2.

Bono lantas bercerita bahwa mereka saat itu sama-sama bersekolah di Mount Temple Comprehensive School. Sekolah itu tidak memaksakan pemahaman agama kepada mereka, namun The Edge dan Boni termasuk siswa yang telah memiliki keyakinan agama yang mendalam.

Baca Juga: Peraih Nobel Sastra Abdulrazak Gurnah Hadir di Pameran Buku Frankfurt 2022

“Kami kemudian bergabung dengan—kukira anda akan menyebut mereka sebagai orang Kristen radikal abad pertama, semacam kelompok punk. Dan anda tahu, mereka tidak membutuhkan hal-hal yang bersifat materi. Mereka sangat ketat dalam soal itu,” kata Bono seperti dikutip Billboard.

“Pada mulanya kami kira mereka akan menerima kami apa adanya. Setelah beberapa waktu, mereka mulai menyerang kami. ‘Mungkin soal musik ini—kalian harus meninggalkannya. Dan kalau dunia ini rusak, sungguh, dunia ini benar-benar rusak. Kalau kalian ingin menjadi bagian dalam perbaikan dunia, mungkin musik adalah sesuatu yang harus kalian campakkan dan nyanyikan saja lagu pujian ini’,” Bono meneruskan.

Bono mengatakan bahwa dia dan The Edge mulai mempercayai orang-orang ini, dan rekan satu bandnya itu mulai merasa tidak enak. “Dia meneleponku dan berkata, ‘Aku rasa aku tidak bisa menyelesaikan soal ini.’ Aku berkata, ‘Ya, aku juga punya masalah dengan ini. Aku ingin menjadi orang yang bermanfaat. Aku ingin bermanfaat dalam hidupku, dan aku ingin bermanfaat bagi dunia. Dunia ini, kau tahu, b—.”

Baca Juga: Buah Tangan dari Frankfurt (3): Selamat Datang di Frankfurt

Larry Mullen Jr., penggebuk drum dan salah satu pendiri U2, juga bergabung dengan The Edge dan Bono. Anggota band keempat, Clayton, kemudian memperkenalkan mereka kepada “manajer kelas satu” bernama Paul McGuinness. Band ini baru saja meraih sukses dengan album debut mereka, Boy.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

APMI dan PARFI 56 Lakukan Mou.

Jumat, 3 Februari 2023 | 15:11 WIB

Adrie Subono; Semua Sudah Saya Lewati.

Jumat, 3 Februari 2023 | 12:07 WIB

Dion Mulya Datang, Single Manusia Sendiri Menjelang

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:10 WIB

Deep Purple World Tour 2023 Solo-Indonesia

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:08 WIB

Grup Musik Fenomenal Panic! at the Disco Bubar

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:51 WIB
X