Robbie Coltrane, Pemeran Hagrid dalam Serial 'Harry Potter' Berpulang

- Sabtu, 15 Oktober 2022 | 13:59 WIB
Robbie Coltrane dan karakternya sebagai Hagrid (Sumber: Pinterest)
Robbie Coltrane dan karakternya sebagai Hagrid (Sumber: Pinterest)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com –  Robbie Coltrane, aktor pemeran Rubeus Hagrid dalam delapan film serial Harry Potter, meninggal dalam usia 72 tahun pada Jumat (14/10) di Larbert, Skotlandia.

Agen dan sahabat Coltrane, Belinda Wright membenarkan kabar itu, dan menyebutnya sebagai aktor dengan “bakat unik”. “Dia akan selalu dikenal selama puluhan tahun mendatang sebagai Hagrid dalam film-film Harry Potter. Sebuah peran yang menyebarkan kegembiraan kepada anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia, yang menyebabkan setiap minggu membanjirnya surat dari para penggemarnya selama lebih dari 20 tahun ini,” ujar Wright seperti dilansir People.

“Bagi saya pribadi, saya akan mengenangnya sebagai klien yang patuh dan setia… serta sebagai aktor yang luar biasa… dan sangat cerdas,” tambahnya. “Dan setelah 40 tahun saya bangga telah menjadi agennya, dan saya akan merindukan dia.”

Baca Juga: Bono, Kehilangan Ibunya Membuat Dirinya Beralih ke Musik

Untuk sementara penyebab kematian aktor ini belum diumumkan, namun sebuah sumber menyebutkan bahwa dia “berada dalam kondisi kesehatan yang buruk selama dua tahun terakhir ini”. Dia dikabarkan meninggal di rumah sakit Forth Valley Royal yang berada tidak jauh dari rumahnya

Selain berperan dalam delapan film Harry Potter, Robbie Coltrane berperan dalam film James Bond GoldenEye (1995), The World Is Not Enough (1999), dan Ocean’s Twelve (2004). Dia juga tampil dalam film serial televisi Cracker.  Coltrane telah bermain dalam 114 film sepanjang kariernya yang berlangsung selama lebih dari empat dekade, demikian menurut catatan laman IMDB.

Sepanjang kariernya dia menerima beberapa penghargaan, antara lain beberapa kali penghargaan British Academy Television Awards dan BAFTA Awards. Dia juga mendapat penghargaan OBE (Order of the British Empire) dari Ratu Elizabeth pada 2006.

Baca Juga: Bono U2: ‘Aku Masih Tidak Terlalu Suka pada Nama U2’

Coltrane berperan sebagai Hargrid yang bertubuh setengah-raksasa, juru kunci dan penjaga lahan Hogwarts, adalah orang pertama yang ditemui Harry (Daniel Radcliffe) dari Dunia Sihir pada ulang tahun Harry yang ke-11 sebelum berangkat ke Sekolah Sihir Hogwart. Sejak itu Hagrid menjadi semacam mentor bagi bocah penyihir itu.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral! Foto Neymar 'Nempel' Dengan Lisa BLACKPINK

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:14 WIB
X