Kunjungi Indonesia Center di Busan, Puan Dorong Promosi Budaya RI

- Selasa, 8 November 2022 | 12:25 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengunjungi BIC yang terletak di Jalan Surabaya, Guemgok Dae Ro 357, Busan, Korea Selatan.  (Ist.)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengunjungi BIC yang terletak di Jalan Surabaya, Guemgok Dae Ro 357, Busan, Korea Selatan. (Ist.)

BUSAN, suaramerdeka-jakarta.com - Busan Indonesia Center (BIC) didorong berperan dalam mengembangkan hubungan antar masyarakat Indonesia dengan Korea Selatan secara langsung. Oleh karenanya, BIC didorong untuk memberi perhatian lebih terhadap pengenalan Indonesia bagi generasi muda Korea.

"Hal ini lantaran pemuda pemudi-lah yang akan menjadi pimpinan di masa depan," kata Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengunjungi BIC yang terletak di Guemgok Dae Ro 357, Busan, Korea Selatan, kemarin.

Menurutnya, K-Pop sudah cukup dikenal di kalangan muda Indonesia. Sebaliknya, Indonesia perlu mendorong anak muda Korea juga mengenal budaya Indonesia.
 
"Dalam pengembangan hubungan kedua negara, BIC pun diharapkan dapat menjadi platform. Yakni untuk pengenalan dan pengembangan kerja sama, seperti dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan pariwisata," ujarnya.
 
BIC juga diharapkan untuk terus berkoordinasi dengan KBRI dalam menjalankan program-programnya. Sehingga, dapat tercipta program yang bersinergi, saling melengkapi dan saling memperkuat.
 
“Saya mengajak kita semua untuk terus memperkuat persahabatan antar masyarakat kedua negara. Yang selanjutnya dapat berkontribusi bagi kokohnya hubungan IndonesiaKorea Selatan di masa depan," tandasnya.

Penghargaan
BIC merupakan gedung multifungsi seluas 400 meter persegi dengan lima lantai. Berada di jalan utama, yang diberi nama salah satu kota di Indonesia, yaitu Jalan Surabaya.

Nama Jalan Surabaya diberikan sebagai penghargaan. Hal itu karena Busan dan Surabaya bekerja sama sebagai sister city.

BIC yang diresmikan pada tahun 2012, terdapat patung hiu dan buaya, simbol Kota Surabaya. Jalan Surabaya merupakan satu-satunya jalan dengan nama asing di Busan.

Di dalam BIC dapat dirasakan nuansa Indonesia yang membumi. Sebab, terdapat aneka masakan, kerajinan tangan dan produk-produk khas Indonesia yang disajikan dan dipamerkan.

BIC juga menjadi tempat untuk pagelaran pertunjukan seni budaya dan kegiatan keakraban bernuansa Indonesia. Pusat promosi Indonesia tersebut juga memutar lagu pop Indonesia, bahkan menayangkan saluran televisi Indonesia.

Tak hanya itu, BIC pun memiliki fasilitas tur virtual situs arkeologi Trowulan dengan memanfaatkan Virtual Reality (VR). BIC juga menjadi kantor sekaligus pusat promosi organization untuk kota-kota Asia Pasifik.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Mudji Sutrisno: Amrih Mulya Asma Dalem Gusti.

Sabtu, 31 Desember 2022 | 10:10 WIB

Estetika Ted van der Hulst di Museum ARMA.

Senin, 26 Desember 2022 | 06:37 WIB

Made Kaek Datang, Chiang Mai Guncang.

Sabtu, 12 November 2022 | 22:40 WIB

Penyair Tua Membaca Batin Rohani Melalui Karya Puisi

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 07:21 WIB

Mengenalkan Bahasa Inggris Lewat Cerita Rakyat

Minggu, 16 Oktober 2022 | 13:02 WIB
X