Menhub Budi Karya Dorong Musisi Jalanan Unjuk Kemampuan di Terminal Hingga Bandara

- Sabtu, 12 November 2022 | 11:04 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

 

JAKARTA- Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November jadi momentum berharga bagi para musisi jalanan di Indonesia.

Mereka mendapatkan kesempatan emas untuk memeriahkan kompetisi Festival Suara Musik Jalanan 2022.

Ajang ini memperlombakan musik di antara para musisi jalanan.

Hasilnya. Tiang Gangsal dari Surabaya sukses meraih gelar juara. Kemudian diperingkat kedua dan ketiga masing-masing diperoleh Ethnicanesia (Gorontalo) dan Nada Gemilang (Depok). Kemudian terfavorit, yakni Mantradiva dan terunik diraih Skau1 dari Bekasi.

Sebelumnya para musisi jalanan di seluruh Indonesia menampilkan kemampuannya. Ajang berskala nasional tersebut digagas Yayasan Bahtera Maju Indonesia dan Institut Musik Jalanan serta disiarkan secara langsung di TVRI.

Dikatakan Andi Malewa, salah satu dewan juri sekaligus rektor Institut Musisi Jalanan, kesempatan ini menjadi peluang besar bagi para musisi jalanan.

"Kita mau menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa pengamen atau musisi jalanan ternyata memiliki kualitas dan mampu bersaing. Selain itu memberikan ruang kepada teman-temen untuk mendapatkan tempat yang layak di ruang publik," katanya kepada wartawan, Sabtu (12/11/2022).


"Bukan hanya memberikan hadiah yang besar dan panggung megah, namun kami juga ingin melakukan pembenahan dan tata kelola supaya musisi jalanan tidak lagi dianggap masalah sosial. Untuk itu, musisi jalanan perlu diberikan ruang, wadah, akses Untuk berkembang, berkarya dan diakui serta diterima masyarakat," sambungnya.

Nantinya, dilanjutkan Andi, para musisi jalanan diberi akses untuk berkarya di sejumlah ruang publik yang berakses dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), misalnya saja seperti stasiun, pelabuhan, terminal, hingga bandara.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Grup Musik Fenomenal Panic! at the Disco Bubar

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:51 WIB

Qodir Band Datang, Lagu Hey Menjelang

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:33 WIB

Qodir Band Datang, Mbah Surip Menjelang.

Senin, 16 Januari 2023 | 17:52 WIB

Levi Datang Cerita Manis Menjelang.

Jumat, 6 Januari 2023 | 15:40 WIB
X