Belgia, Negara Benua biru Pertama Ditemukan Varian Covid 19 baru Omicron

- Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB
Belgia mendeteksi kasus pertama covid-19 varian Omicron asal Botswana. Dengan begitu, Belgia jadi negara Eropa pertama ditemukan varian B.1.1.529 (Foto: Instagram@unitednations)
Belgia mendeteksi kasus pertama covid-19 varian Omicron asal Botswana. Dengan begitu, Belgia jadi negara Eropa pertama ditemukan varian B.1.1.529 (Foto: Instagram@unitednations)

suaramerdeka-jakarta.com-Para ilmuwan di Afrika Selatan mendeteksi varian Covid-19 baru yang memiliki banyak mutasi yakni B.1.1529 yang kemudian diberi nama Omicron. Varian Covid-19 satu ini sudah melanda negara di benua biru.

Belgia mendeteksi kasus pertama covid-19 varian Omicron asal Botswana. Dengan begitu, Belgia jadi negara Eropa pertama ditemukan varian B.1.1.529 ini.

Pihak berwenang menuturkan kasus covid-19 varian Botswana itu menjangkit seorang perempuan dewasa muda yang belum divaksinasi. Pasien tersebut baru tiba dari dari Mesir melalui Turki.

Setelah 11 hari kembali, ia mengalami gejala ringan seperti flu. Pasien tersebut kemudian dites dan dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (22/11). Keluarga pasien disebut tidak mengalami gejala, namun sedang menunggu hasil tes.

Diansir dari Reuters, Pemerintah Belgia telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi gelombang keempat Covid-19.

Ini adalah varian yang mencurigakan. Kami tidak tahu apakah itu varian yang sangat berbahaya," ujar Menteri Kesehatan Belgia Frank Vandenbroucke.

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo mengumumkan bahwa klub malam, bar, serta restoran harus tutup pukul 11 malam. Kapasitas tempat tersebut juga dibatasi maksimal enam orang per meja selama tiga minggu ke depan.

Baca Juga: Ketua DPD RI, minta pemerintah lebih serius perhatikan varian baru Covid-19

Varian baru ini muncul ketika Belgia dan banyak negara Eropa lainnya sedang berjuang melawan lonjakan infeksi Covid-19.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketum ILUNI Pascasarjana UI Duka Turki Duka Kami

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:27 WIB

Tanggapan BPET MUI Tentang Pembakaran AL-QUR’AN

Senin, 30 Januari 2023 | 16:15 WIB
X